Pelayanan Yang Baik Akan Mendatangkan Konsume Lebih |
Dalam berbisnis kita tentu menginginkan produk yang kita
jual dapat laku di pasaran. Salah satu yang membuat barang produksi kita laris
adalah banyaknya konsumen yang membeli produk. Untuk mendapatlkan minat lebih
dari konsumen memang tidaklah mudah. Dibutuhkan trik-trik khusus agar konsumen
yang kita dapatkan terus meningkat. Konsumen biasanya akan kembali kepada kita,
jika pelayanan yang kita berikan dianggap sangat memuaskan. Selain itu, produk
yang kita tawarkan juga sesuai denga keinginan atau minat yang dimiliki
konsumen tersebut.
Berikut ini kita bisa mengetahui bagaimana kiat-kiat
mendapatkan kepercayaan dari konsumen:
1. Komunikasi yang Baik
Proses komunikasi yang baik dengan konsumen dapat berperan
besar dalam proses kepercayaan terhadap bisnis kita. Proses komunikasi
merupakan modal awal yang harus kita miliki untuk membangun kepercayaan
konsumen. Rasa kepuasan terhadap pelayanan kita juga akan tercipta dari
komunikasi tersebut. Menggunakan kata-kata yang halus, lembut, sopan dan tata
krama yang baik akan menjadi nilai plus.
Hal ini secara tidak langsung akan
muncul dalam ingatan konsumen. Konsumen tidak akan ragu-ragu untuk membeli
produk kita dengan terjalinnya hubungan baik antara kita sebagai pemilik bisnis
dan juga konsumen.
2. Mengetahui Produk dengan Baik
Mempunyai bisnis tentunya harus mengetahui secara baik
produk yang kita hasilkan. Meskipun hanya sekadar investor saja. Selain itu,
kita juga harus mengetahui seluk beluk usaha yang kita buat itu. Pengetahuan
mengenai usaha juga tidak kalah penting. Konsumen tidak akan serta merta
percaya begitu saja jika pemiliknya tidak bisa menjelaskan dengan baik dan
benar produk apa yang ditawarkan dalam bisnisnya itu.
Pengetahuan secara
menyeluruh ini akan mempermudah kita menjelaskan kepada konsumen terhadap apa
saja yang dibutuhkannya. Kita juga dapat memberi saran kepada konsumen untuk
meningkatkan kepercayaan produk yang kita buat itu.
3. Kualitas Produk yang Baik
Kualitas yang baik akan berbanding lurus dengan sikap
konsumen yang merasa puas terhadap produk kita. Kualitas yang baik ini pula
akan mendorong konsumen untuk tetap setia dengan produk yang kita tawarkan.
Bukan hanya itu saja, konsumen yang puas juga akan mengiklankan kita secara
tidak langsung ke masyarakat sekitarnya. Namun, kita jangan terlalu cepat puas
atas hal tersebut. Kita harus tetap terus meningkatkan kualitas agar konsumen
terus terjaga dan semakin membuat nama bisnis yang kita jalani ini baik di mata
konsumen.
4. Buatlah Testimoni
Testimoni adalah pengakuan atau pendapat para konsumen
terhadap produk kita. Jangan sungkan namun jangan terlalu memaksa meminta
testimoni terhadap konsumen kita. Testimoni ini bisa menjadi salah satu faktor
membangun kepercayaan konsumen. Semakin banyak kita mendapat testimoni positif
dari konsumen, maka semakin tertarik pula konsumen baru dengan produk kita.
Buatlah testimoni yang terlihat oleh konsumen baru Anda. Biasanya testimoni ini
diisi oleh orang-orang terkenal sehingga orang lain sudah mengenalnya terlebih
dahulu. Ini akan membangkitkan “gairah” konsumen untuk mengetahui lebih lanjut
bisnis kita atau produk yang kita tawarkan.
Info ini cocok buat Anda yang ingin memulai usaha.
Ciptakan Kesan Baik
Untuk mengambil hati para konsumen, buatlah mereka merasa senang dengan sambutan yang Anda berikan. Minimal lakukan 3S+1A (Senyum, Salam, Sapa dan Antusias) pada setiap pelanggan yang datang kepada Anda. Dengan begitu kesan pertama yang diberikan kepada pelanggan akan tampak positif dan meninggalkan kesan tersendiri di hati para pelanggan, sehingga mereka tidak ragu lagi kembali membeli di tempat Anda.
Berikan Service Tambahan
Jika biasanya para pelaku usaha atau pemasar hanya memberikan apa yang diminta para pelanggannya. Mulai sekarang usahakan untuk berinisiatif memberikan nilai lebih kepada setiap pelanggan Anda, misalnya dengan memberikan ide, produk atau jasa yang lebih dari harapan mereka.
Konsumen Adalah Raja
Istilah pelanggan adalah raja tentunya menekankan kepada kita sebagai pelaku pasar maupun pengusaha untuk menganggap setiap pelanggan sebagai orang penting. Strategi tersebut akan membuat para pelanggan merasa dihargai, sehingga mereka tidak memiliki niat berpindah ke tempat lain.
Bantu Keinginan Konsumen
Kebanyakan para pelanggan datang ke usaha Anda dengan tujuan mencari solusi bagi masalah yang dihadapinya. Karena itu usahakan untuk tidak mengecewakan para pelanggan Anda dan jadilah solusi bagi permasalahan mereka.
Bersahabat
Salah satu strategi pemasaran yang wajib Anda lakukan yaitu menjadikan setiap konsumen sebagai teman Anda. Prinsip ini akan memudahkan Anda untuk membangun loyalitas konsumen, sehingga mereka merasa dekat dan tidak segan untuk berlangganan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Itulah yang biasa diterapkan perusahaan dimana pun terutama di printing di bali . Pelanggan yang suka pada bisnis kita, kemungkinan besar akan membicarakan tentang bisnis kita pada rekan-rekan mereka. Perbuatan ini didorong oleh sejauh mana kita melayani mereka, ketika mereka ingin membeli produk atau jasa.
Comments