Facebook Untuk Marketing BIsa Meningkatkan Hasil Penjualan |
Banyak orang menggunakan media sosial Facebook untuk
berbisnis, bahkan sebelum Facebook sendiri menciptakan fitur fanpage. Para
seller membuat akun Facebook tersendiri dengan mengatasnamakan merek bisnisnya.
Kunci Sukses Berpromosi Lewat Fanpage Facebook
Berbisnis atau berpromosi menggunakan fanpage facebook
tentunya sudah bukan hal baru terutama bagi pelaku bisnis, luasnya jangkauan
pasar yang dapat dicapai melatar belakangi penggunaan fanpage sebagai media
berpromosi. Tapi tahukah anda bahwa hampir 75% pengelola fanpage justru gagal
menghasilkan penjualan melalui fanpage nya, kenapa? mari simak tips dan trik
sukses berbisnis dan berpromosi menggunakan fanpage berikut ini.
Cara berpromosi dengan fanpage facebook
Irikah anda melihat sebuah fanpage dengan ribuan lebih
penggemar? bagaimana jika saya katakan tidak perlu?
Rata-rata penyebab kegagalan paling mendasar dari metode
promosi menggunakan fanpage adalah kesalahan dalam membangun pemirsa atau
penggemar yang merupakan target pasar dari promosi yang akan dilakukan.
Berlomba lomba mengumpulkan penggemar namun tanpa target
yang jelas justru akan memperkecil efektifitas promosi anda, meskipun banyak
komentar, banyak like atau share, namun konversi ke penjualan rendah, untuk
apa?
Idealnya, pemirsa fanpage facebook anda haruslah sesuai
dengan jenis barang atau jasa yang anda promosikan, memiliki banyak penggemar
memang membantu, namun yang terpenting adalah kualitas, bukan kuantitas, dengan
memiliki minat dan ketertarikan terhadap promosi anda, kemungkinan terjadinya
penjualan dan promosi menyebar ke peminat yang sama akan lebih besar.
Sukses berpromosi fan page
Maka jika ditarik kesimpulan, kunci sukses dalam mengelola
fanpage facebook dan berpromosi adalah memiliki pemirsa atau target pasar
banyak dan tertarget, sangat tidak disarankan untuk menyembunyikan promosi anda
dibalik sebuah fanpage yang tidak bertema sesuai dengan barang atau jasa yang
anda tawarkan, kepercayaan dan minat yang bukan merupakan hasil rekayasa akan
lebih bermanfaat daripada komunitas jempoler's.
Sejak fitur fanpage Facebook dibuat, banyak seller kemudian
lebih memilih untuk membuat fanpage merek bisnisnya ketimbang membuat akun.
Para pengguna Facebook pun hanya tinggal nge-like fanpage tersebut, tanpa perlu
berteman dengan akun merek bisnis.
Konsultan bisnis online media sosial Stephanie Frasco
mengatakan, sedikitnya ada
7 keuntungan yang diperoleh seller jika menggunakan
fanpage di Facebook untuk berbisnis.
Jumlah fans yang tidak terbatas.
Dengan membuat fanpage merek bisnis, seller bisa memperoleh
jumlah fans sebanyak-banyaknya, tanpa batasan. Lain halnya jika seller membuat
akun Facebook untuk berbisnis. Satu akun maksimal hanya bisa berteman dengan
5.000 orang.
Memisahkan konten bisnis dan konten personal.
Banyak seller yang tidak mau repot membuat fanpage
bisnisnya, sehingga mencampuradukkan informasi produk dalam akun Facebook
personal yang dimilikinya. Fanpage membuat seller memisahkan antara konten
untuk berbisnis dan konten kehidupan pribadinya.
Terindeks search engine.
Fanpage Facebook sudah terindeks atau terdaftar dalam search
engine. Oleh karena itu, merek bisnis yang memiliki fanpage akan lebih mudah
ditemukan dalam search engine oleh buyer.
Siapapun bisa men-tag.
Dengan membuat fanpage, semua pengguna Facebook bisa men-tag
merek bisnis milik seller. Hal ini tidak bisa dilakukan jika seller menggunakan
akun Facebook. Hanya orang-orang yang berteman dengan akun itulah yang bisa
men-tag merek bisnis seller.
Kesan profesional.
Seller yang memiliki fanpage akan menimbulkan kesan profesional,
ketimbang seller yang menggunakan akun untuk berbisnis. Banyak pengguna
Facebook yang malas berteman dengan akun merek bisnis. Maka dari itu, seller
lebih baik membuat fanpage daripada akun untuk bisnisnya.
Tampil di newsfeed milik buyer.
Semua posting yang dilakukan seller melalui fanpage akan
muncul dalam newsfeed. Buyer hanya perlu nge-like sebuah fanpage dan untuk
seterusnya, ia akan mendapatkan up-date setiap posting yang dilakukan seller
melalui fanpage-nya. Inilah yang disebut dengan newsfeed marketing, yaitu
pemasaran produk seller melalui newsfeed milik buyer.
Fitur check-in.
Pengguna Facebook bisa men-tag merek bisnis yang memiliki
fanpage, saat mereka hendak check-in di lokasi tertentu. Hal ini tidak bisa
dilakukan jika seller menggunakan akun Facebook untuk merek bisnisnya
Comments