Bagaiimana FUngsi Facebook Fan Page Bagi Bisnis

Facebook Untuk Marketing BIsa Meningkatkan Hasil Penjualan
Facebook banyak digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat dan kegunaanya dipercayai mampu memberikan berbagai manfaat bagi masyarakta, dan aplikasi fan page membuat kita mudah untuk menjual barang yang akan ditampilkan
Banyak orang menggunakan media sosial Facebook untuk berbisnis, bahkan sebelum Facebook sendiri menciptakan fitur fanpage. Para seller membuat akun Facebook tersendiri dengan mengatasnamakan merek bisnisnya.

Kunci Sukses Berpromosi Lewat Fanpage Facebook

Berbisnis atau berpromosi menggunakan fanpage facebook tentunya sudah bukan hal baru terutama bagi pelaku bisnis, luasnya jangkauan pasar yang dapat dicapai melatar belakangi penggunaan fanpage sebagai media berpromosi. Tapi tahukah anda bahwa hampir 75% pengelola fanpage justru gagal menghasilkan penjualan melalui fanpage nya, kenapa? mari simak tips dan trik sukses berbisnis dan berpromosi menggunakan fanpage berikut ini.
Cara berpromosi dengan fanpage facebook

Irikah anda melihat sebuah fanpage dengan ribuan lebih penggemar? bagaimana jika saya katakan tidak perlu?

Rata-rata penyebab kegagalan paling mendasar dari metode promosi menggunakan fanpage adalah kesalahan dalam membangun pemirsa atau penggemar yang merupakan target pasar dari promosi yang akan dilakukan.

Berlomba lomba mengumpulkan penggemar namun tanpa target yang jelas justru akan memperkecil efektifitas promosi anda, meskipun banyak komentar, banyak like atau share, namun konversi ke penjualan rendah, untuk apa?

Idealnya, pemirsa fanpage facebook anda haruslah sesuai dengan jenis barang atau jasa yang anda promosikan, memiliki banyak penggemar memang membantu, namun yang terpenting adalah kualitas, bukan kuantitas, dengan memiliki minat dan ketertarikan terhadap promosi anda, kemungkinan terjadinya penjualan dan promosi menyebar ke peminat yang sama akan lebih besar.

Sukses berpromosi fan page

Maka jika ditarik kesimpulan, kunci sukses dalam mengelola fanpage facebook dan berpromosi adalah memiliki pemirsa atau target pasar banyak dan tertarget, sangat tidak disarankan untuk menyembunyikan promosi anda dibalik sebuah fanpage yang tidak bertema sesuai dengan barang atau jasa yang anda tawarkan, kepercayaan dan minat yang bukan merupakan hasil rekayasa akan lebih bermanfaat daripada komunitas jempoler's.
Sejak fitur fanpage Facebook dibuat, banyak seller kemudian lebih memilih untuk membuat fanpage merek bisnisnya ketimbang membuat akun. Para pengguna Facebook pun hanya tinggal nge-like fanpage tersebut, tanpa perlu berteman dengan akun merek bisnis.

Konsultan bisnis online media sosial Stephanie Frasco mengatakan, sedikitnya ada 
7 keuntungan yang diperoleh seller jika menggunakan fanpage di Facebook untuk berbisnis.

Jumlah fans yang tidak terbatas.
Dengan membuat fanpage merek bisnis, seller bisa memperoleh jumlah fans sebanyak-banyaknya, tanpa batasan. Lain halnya jika seller membuat akun Facebook untuk berbisnis. Satu akun maksimal hanya bisa berteman dengan 5.000 orang.

Memisahkan konten bisnis dan konten personal.
Banyak seller yang tidak mau repot membuat fanpage bisnisnya, sehingga mencampuradukkan informasi produk dalam akun Facebook personal yang dimilikinya. Fanpage membuat seller memisahkan antara konten untuk berbisnis dan konten kehidupan pribadinya.

Terindeks search engine.
Fanpage Facebook sudah terindeks atau terdaftar dalam search engine. Oleh karena itu, merek bisnis yang memiliki fanpage akan lebih mudah ditemukan dalam search engine oleh buyer.

Siapapun bisa men-tag.
Dengan membuat fanpage, semua pengguna Facebook bisa men-tag merek bisnis milik seller. Hal ini tidak bisa dilakukan jika seller menggunakan akun Facebook. Hanya orang-orang yang berteman dengan akun itulah yang bisa men-tag merek bisnis seller.

Kesan profesional.
Seller yang memiliki fanpage akan menimbulkan kesan profesional, ketimbang seller yang menggunakan akun untuk berbisnis. Banyak pengguna Facebook yang malas berteman dengan akun merek bisnis. Maka dari itu, seller lebih baik membuat fanpage daripada akun untuk bisnisnya.

Tampil di newsfeed milik buyer.
Semua posting yang dilakukan seller melalui fanpage akan muncul dalam newsfeed. Buyer hanya perlu nge-like sebuah fanpage dan untuk seterusnya, ia akan mendapatkan up-date setiap posting yang dilakukan seller melalui fanpage-nya. Inilah yang disebut dengan newsfeed marketing, yaitu pemasaran produk seller melalui newsfeed milik buyer.

Fitur check-in.

Pengguna Facebook bisa men-tag merek bisnis yang memiliki fanpage, saat mereka hendak check-in di lokasi tertentu. Hal ini tidak bisa dilakukan jika seller menggunakan akun Facebook untuk merek bisnisnya

Comments