Intenet kebutuhan dasar bagi manusia |
sudah semakin ketat. Saat ini sudah tak terhitung banyaknya
pebisnis yang terjun ke bisnis internet. Bisa dicoba misalnya dengan mengetik
“bisnis internet” atau “bisnis online” di search engine, hasil pencarian yang
muncul beragam banyaknya.
Memang produk yang ditawarkan tak persis sama. Tapi yang
paling banyak ditawarkan adalah bagaimana cara mendapat uang dari internet.
Dengan membludaknya pebisnis internet, pasti para affiliate pun bertambah jauh
lebih banyak.
Namun bagaimanapun pengakses internet dari tahun ke tahun
juga makin membengkak. Artinya, pasar untuk mempromosikan produk selalu
terbuka. Meski begitu, sebagai merchant atau affiliate bukan berarti kita bisa
tenang-tenang saja. Mau tak mau kita tetap harus menyiapkan strategi dan taktik
untuk memenangkan persaingan. Terlebih persaingan bisnis internet luar biasa
dahsyat. Persaingan bisnis yang terjadi bukan hanya antar pemain lokal, tapi
dengan seantero jagat.
Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk memenangkan persaingan
bisnis?
Ketika kita membahas cara memenangkan persaingan bisnis di
internet, sebetulnya kita bicara tentang menjual value. Value yang
dikomunikasikan dengan tepat akan bisa mengambil hati target market anda. Di
samping juga bisa mengubah kebutuhan target market anda. Apa maksudnya?
Beberapa pakar marketing mengatakan bahwa dalam persaingan
bisnis sebenarnya tugas utama marketing adalah bagaimana menciptakan kebutuhan
atau keinginan baru konsumen. Jadi bukan mengarah pada kebutuhan konsumen yang
sudah ada. Tapi mengubah kebutuhan dasar tersebut dengan menjual cita-cita dan
harapan baru.
Contoh, kalau selama ini kebutuhan dasar kita adalah makan,
kemudian marketing mengubahnya menjadi tidak sekadar makan saja. Tapi kita
butuh makanan yang enak, lezat, bergaya hidup, bergizi, dan sehat. Maka,
gerai-gerai makanan di mall menjadi ramai dikunjungi pembeli.
Kalau selama ini kita bisa kaya yang membutuhkan waktu lama
dengan cara bisnis konvensional seperti punya toko atau bengkel, maka bisnis
internet menawarkan cara cepat kaya secara mudah, tanpa harus khawatir produk
jadi kadaluwarsa atau tangan belepotan oli. Ya, value yang mengandung cita-cita
dan harapan baru itulah yang kita pasarkan.
Untuk memenangkan persaingan bisnis, tentunya value produk
tersebut harus berhubungan dengan brand produk anda. Keduanya berbaur menjadi
satu kesatuan yang saling memperkuat. Sehingga membuat konsumen benar-benar
percaya dan sadar untuk mencoba produk anda.
Dalam promosi anda, perlu juga ditekankan bahwa produk atau
layanan anda adalah jalan keluar terbaik yang bisa mengantarkan konsumen kepada
cita-cita dan harapan yang diinginkannya. Lebih dari itu, bukan hanya membuat
konsumennya sampai kepada keinginannya tadi, tapi juga membuat mereka lebih
percaya diri dalam memahami kehidupan ini. Dalam soal bisnis internet, paling
tidak mereka tak lagi gaptek dengan menggunakan internet sebagai media
berbisnis.
Karena itu sangat penting produk anda bisa membuat konsumen
mengalami kemajuan dalam hidup. Bukan cuma membuat mereka kaya, tapi bisa juga
membuat mereka lebih percaya diri dalam menatap kehidupan ini. Sehingga
persaingan bisnis masa kini yang berbalut teknologi membuat mereka tak takut
lagi.
Nah, lalu apa kuncinya agar di dalam persaingan bisnis
internet kita bisa menjadi yang terdepan? Pada intinya tergantung pada:
- Seberapa baik anda menekankan cita-cita dan harapan kepada konsumen?
- Seberapa baik anda menyampaikannya baik secara langsung maupun tidak langsung dalam situs web/layanan/produk anda?
- Seberapa tepat jalur pemasaran yang anda tempuh?
- Seberapa baik brand diri dan produk anda?
- Seberapa banyak anda tahu tentang pandangan pengunjung mengenai situs web/layanan/produk anda?
- Seberapa fokus anda menekankan kelebihan produk dan layanan anda dibanding yang bisa diberikan pesaing?
Bila keenamnya bisa anda lakukan dengan baik, maka
memenangkan persaingan bisnis internet bukan soal sulit bagi anda. Perhatikan
dan lakukan perbaikan segera bila keenam poin tadi belum cukup memenuhi harapan
anda.
Comments