Internet Marketing Telah Mengalami Peningkatan Pesa |
t |
Untuk mempelajari kunci dalam memulai bisnis internet
marketing, sebelumnya perlu anda ketahui sedikit tentang apa yang dimaksud
dengan Internet marketing ? Pengertian dari Internet Marketing menurut istilah
adalah pemasaran melalui jaringan internet.Namun aplikasi dari internet
marketing sangat luas, pemasaran Internet dapat juga dilakukan dengan hanya
memiliki sebuah situs web atau menempatkan iklan banner di situs-situs lain.
Di
sisi lain, ketika ada beberapa perusahaan memberitahu Anda bahwa Anda dapat
membuat keberuntungan semalam di Internet, hal ini merupakan bentuk dari
program Internet Marketing.Internet markeing dapat menjangkau pasar lokal dan
global, sehingga metode ini sangat direkomendasikan dalam mendapatkan
keberhasilan yang cepat.Oleh karena itu sebelum melangkah, perlu mempelajari
terlebih dahulu kunci dalam memulai bisnis internet marketing.
Saat ini, Internet marketing, atau pemasaran online
berkembang sangat luas, kombinasi dari beberapa komponen perusahaan dapat
digunakan sebagai sarana meningkatkan penjualan , bahkan jika bisnis dilakukan
sepenuhnya online, sebagian online, atau offline. Keputusan untuk menggunakan
Internet marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran suatu perusahaan,
sehingga Internet marketing menjadi bagian yang sangat penting dari hampir
setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan, baik produk maupun jasa
Untuk beberapa bisnis online lainnya, Internet marketing adalah satu-satunya
teknik pemasaran yang selalu menjadi jalan utama dalam mengembangkan bisnis
mereka..
Pada dasarnya, pemasaran Internet adalah menggunakan
jaringan Internet untuk melakukan satu atau beberapa hal berikut:
Informasi tentang perusahaan, baik produk atau layanan
online.
Melakukan penelitian mengenai sifat (demografi, preferensi,
dan kebutuhan) dari pelanggan yang sudah ada dan potensial.
Menjual barang, jasa, atau ruang iklan melalui Internet.
Komponen Internet Marketing
Menyiapkan sebuah situs Website/Blog, yang terdiri dari
teks, gambar dan elemen lain seperti audio dan video yang digunakan untuk
menyampaikan pesan perusahaan secara online, untuk menginformasikan pelanggan
potensial dari fitur dan manfaat dari produk dan / atau jasa perusahaan yang
ada dan. Website ini mungkin juga tidak ditujukan untuk menangkap peluang dari
pelanggan potensial atau langsung menjual produk atau layanan online. Website
dapat juga berfungsi sebagai Internet offline seperti brosur atau katalog mail
order.Hal ini sebagai cara yang bagus untuk membangun identitas bisnis Anda.
Search Engine Marketing (SEM) , memasarkan website online
melalui mesin pencari , baik dengan meningkatkan peringkat situs secara alami
melalui optimasi mesin pencari (SEO) , membeli layanan iklan pay-per-klik (PPC)
atau membeli Pay-for -inclusion (PFI) daftar di direktori situs.
Email Marketing , yang merupakan metode penyebaran informasi
tentang produk atau jasa atau untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan
tentang produk atau jasa melalui Email.
Alamat email dari pelanggan dan calon
pelanggan dapat dikumpulkan atau dibeli. Berbagai cara dilakukan, seperti
distribusi reguler newsletter atau mailing massa menawarkan berkaitan dengan
produk atau jasa perusahaan. Email pemasaran pada dasarnya adalah sama dengan
marketing online direct mail.
Iklan banner, penempatan iklan pada sebuah situs web dengan
premi/biaya.Dapat dilakukan dengan cara offline, yaitu memasang iklan di media
cetak seperti koran atau majalah.
Press Release, menempatkan berita tentang sebuah perusahaan,
website, orang-orangnya, dan produk / jasa dengan cara online.
Blog Marketing, posting komentar, mengekspresikan pendapat
atau membuat pengumuman dalam forum diskusi yang dapat dilakukan, baik dengan
hosting blog Anda sendiri atau hanya dengan mem-posting komentar di blog lain
yang berkaitan dengan produk atau layanan online.
Artikel Marketing, menulis artikel yang berhubungan dengan
bisnis Anda dan dipublikasikan secara online di situs sindikasi artikel.Artikel
marketing dapat meningkatkan lalu lintas untuk website Anda, dan distribusi
artikel sindikasi dapat mempromosikan merek Anda kepada khalayak luas.
Pemasaran media sosial, yang dapat melibatkan jaringan
sosial seperti Twitter , LinkedIn , Facebook dan social bookmarking.
Dari semua komponen pemasaran internet, calon pelanggan dan
klien mengharapkan sebuah bisnis memiliki sebuah website, sebagai cara untuk
member kemudahan kepada mereka(klien) dan tentunya juga untuk menaikkan peluang
untuk calon pelanggan. Penggunaan online telah menjadi begitu meluas saat ini,
banyak prospek bisa dengan mudah memilih untuk melakukan bisnis dengan
perusahaan yang mereka bisa mendapatkan informasi yang up-to-date.
Bahkan bisnis yang hanya memiliki pelanggan lokal, seperti
lokasi restoran tunggal atau toko sepatu, bisa mendapatkan keuntungan dari
memiliki sebuah situs web dan terlibat dalam pemasaran online. Dan pebisnis
yang pelanggannya tidak terbatas pada wilayah geografis mungkin akan kesulitan
untuk menemukan metode alternatif untuk menarik pelanggan yang menawarkan biaya
yang cukup rendah dan mencapai seluruh dunia kecuali dengan menggunakan media
Website/blog.
Karena kebanyakan bisnis rumahan sifatnya “virtual”,
memiliki website, tentu dapat memberikan manfaat kepada mereka yang menjalankan
bisnis rumahan. Karena sebagian besar bisnis rumahan tidak memiliki lokasi
fisik, sebuah situs web menyediakan cara murah untuk memperkenalkan kepada
publik, apa yang Anda lakukan atau apa yang Anda jual dan bahkan bisa menjadi
“etalase” untuk menjual barang dan jasa secara langsung.
Internet sangat membantu bisnis rumahan untuk mencapai
kesuksesan, karena biaya/modal yang dibutuhkan cukup rendah untuk membuat
sebuah website.Bahkan ada pilihan yang gratis yaitu blog, dengan platform
Blogger maupun WordPress.Oleh karena itu, pemasaran internet harus menjadi
bagian dari rencana bisnis Anda dan strategi pemasaran Anda .
Comments