Bagaimana Peranan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Profit



Internet Marketing Telah Mengalami Peningkatan Pesa

t
Internet banyak digunakan oleh manusia di bumi ini dan penjualan juga telah di padukan dengan penggunaan internet dimana banyak orang telah mulai merasakan manfaatnya dalam meningkatakan penjualanya

Untuk mempelajari kunci dalam memulai bisnis internet marketing, sebelumnya perlu anda ketahui sedikit tentang apa yang dimaksud dengan Internet marketing ? Pengertian dari Internet Marketing menurut istilah adalah pemasaran melalui jaringan internet.Namun aplikasi dari internet marketing sangat luas, pemasaran Internet dapat juga dilakukan dengan hanya memiliki sebuah situs web atau menempatkan iklan banner di situs-situs lain. 

Di sisi lain, ketika ada beberapa perusahaan memberitahu Anda bahwa Anda dapat membuat keberuntungan semalam di Internet, hal ini merupakan bentuk dari program Internet Marketing.Internet markeing dapat menjangkau pasar lokal dan global, sehingga metode ini sangat direkomendasikan dalam mendapatkan keberhasilan yang cepat.Oleh karena itu sebelum melangkah, perlu mempelajari terlebih dahulu kunci dalam memulai bisnis internet marketing.

Saat ini, Internet marketing, atau pemasaran online berkembang sangat luas, kombinasi dari beberapa komponen perusahaan dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan penjualan , bahkan jika bisnis dilakukan sepenuhnya online, sebagian online, atau offline. Keputusan untuk menggunakan Internet marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran suatu perusahaan, sehingga Internet marketing menjadi bagian yang sangat penting dari hampir setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan, baik produk maupun jasa Untuk beberapa bisnis online lainnya, Internet marketing adalah satu-satunya teknik pemasaran yang selalu menjadi jalan utama dalam mengembangkan bisnis mereka..

Pada dasarnya, pemasaran Internet adalah menggunakan jaringan Internet untuk melakukan satu atau beberapa hal berikut:

Informasi tentang perusahaan, baik produk atau layanan online.
Melakukan penelitian mengenai sifat (demografi, preferensi, dan kebutuhan) dari pelanggan yang sudah ada dan potensial.
Menjual barang, jasa, atau ruang iklan melalui Internet.
Komponen Internet Marketing
Menyiapkan sebuah situs Website/Blog, yang terdiri dari teks, gambar dan elemen lain seperti audio dan video yang digunakan untuk menyampaikan pesan perusahaan secara online, untuk menginformasikan pelanggan potensial dari fitur dan manfaat dari produk dan / atau jasa perusahaan yang ada dan. Website ini mungkin juga tidak ditujukan untuk menangkap peluang dari pelanggan potensial atau langsung menjual produk atau layanan online. Website dapat juga berfungsi sebagai Internet offline seperti brosur atau katalog mail order.Hal ini sebagai cara yang bagus untuk membangun identitas bisnis Anda.

Search Engine Marketing (SEM) , memasarkan website online melalui mesin pencari , baik dengan meningkatkan peringkat situs secara alami melalui optimasi mesin pencari (SEO) , membeli layanan iklan pay-per-klik (PPC) atau membeli Pay-for -inclusion (PFI) daftar di direktori situs.
Email Marketing , yang merupakan metode penyebaran informasi tentang produk atau jasa atau untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan tentang produk atau jasa melalui Email. 

Alamat email dari pelanggan dan calon pelanggan dapat dikumpulkan atau dibeli. Berbagai cara dilakukan, seperti distribusi reguler newsletter atau mailing massa menawarkan berkaitan dengan produk atau jasa perusahaan. Email pemasaran pada dasarnya adalah sama dengan marketing online direct mail.
Iklan banner, penempatan iklan pada sebuah situs web dengan premi/biaya.Dapat dilakukan dengan cara offline, yaitu memasang iklan di media cetak seperti koran atau majalah.
Press Release, menempatkan berita tentang sebuah perusahaan, website, orang-orangnya, dan produk / jasa dengan cara online.

Blog Marketing, posting komentar, mengekspresikan pendapat atau membuat pengumuman dalam forum diskusi yang dapat dilakukan, baik dengan hosting blog Anda sendiri atau hanya dengan mem-posting komentar di blog lain yang berkaitan dengan produk atau layanan online.
Artikel Marketing, menulis artikel yang berhubungan dengan bisnis Anda dan dipublikasikan secara online di situs sindikasi artikel.Artikel marketing dapat meningkatkan lalu lintas untuk website Anda, dan distribusi artikel sindikasi dapat mempromosikan merek Anda kepada khalayak luas.
Pemasaran media sosial, yang dapat melibatkan jaringan sosial seperti Twitter , LinkedIn , Facebook dan social bookmarking.

Dari semua komponen pemasaran internet, calon pelanggan dan klien mengharapkan sebuah bisnis memiliki sebuah website, sebagai cara untuk member kemudahan kepada mereka(klien) dan tentunya juga untuk menaikkan peluang untuk calon pelanggan. Penggunaan online telah menjadi begitu meluas saat ini, banyak prospek bisa dengan mudah memilih untuk melakukan bisnis dengan perusahaan yang mereka bisa mendapatkan informasi yang up-to-date.

Bahkan bisnis yang hanya memiliki pelanggan lokal, seperti lokasi restoran tunggal atau toko sepatu, bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki sebuah situs web dan terlibat dalam pemasaran online. Dan pebisnis yang pelanggannya tidak terbatas pada wilayah geografis mungkin akan kesulitan untuk menemukan metode alternatif untuk menarik pelanggan yang menawarkan biaya yang cukup rendah dan mencapai seluruh dunia kecuali dengan menggunakan media Website/blog.

Karena kebanyakan bisnis rumahan sifatnya “virtual”, memiliki website, tentu dapat memberikan manfaat kepada mereka yang menjalankan bisnis rumahan. Karena sebagian besar bisnis rumahan tidak memiliki lokasi fisik, sebuah situs web menyediakan cara murah untuk memperkenalkan kepada publik, apa yang Anda lakukan atau apa yang Anda jual dan bahkan bisa menjadi “etalase” untuk menjual barang dan jasa secara langsung.


Internet sangat membantu bisnis rumahan untuk mencapai kesuksesan, karena biaya/modal yang dibutuhkan cukup rendah untuk membuat sebuah website.Bahkan ada pilihan yang gratis yaitu blog, dengan platform Blogger maupun WordPress.Oleh karena itu, pemasaran internet harus menjadi bagian dari rencana bisnis Anda dan strategi pemasaran Anda .

Comments