Cara Melihat Pelanggan Potensial Kita

Pelanggan Salah Satu Sumber Pemasukan Utama Bisnis
Pelanggan ialah salah satu sumber pemasukan bagi dana bisnis atau perushaan dan kemampuan dalam melihat pelanggan potensial kita sangat di butuhkan karena mereka akan memberikan efek yang besar bagi berlangsungnya bisnis perusahaan

Pelanggan yang potensial akan menjadi pelanggan setia kita di masa depan, dan akan setia membeli produk atau memakai jasa kita, namun untuk menemukan mereka bisa di bilang gampang gampang susah dimana mereka tidak bisa langsung kita dapatkan tanpa melalui proses tertentu

5 langkah tepat untuk mendapatkan pelanggan potensial produk dan jasa

Di antara beberapa cara yang ada, saya coba rangkum 5 langkah tepat untuk mendapatkan pelanggan potensial produk dan jasa yang patut anda coba.

1. Identifikasi Produk

Sebelum mencari pelanggan potensial, Anda sendiri yang harus mengidentifikasi produk dan jasa yang anda hasilkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti berikut ini Apakah produk dan jasa tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat? Apa kegunaan produk dan jasa anda hingga dibutuhkan masyarakat?

2. Identifikasi dan Targeting Pelanggan Potensial

Setelah anda mengidentifikasi produk anda, barulah anda dapat melakukan identifikasi dan targeting pelanggan potensial produk anda. Tentukan siapa target pasar dari produk Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda mencari konsumen yang sekiranya tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

3. Buat Kampanye Pemasaran

Setelah melakukan identifikasi pasar, selanjutnya adalah membuat kampanye pemasaran. Buatlah kampanye pemasaran yang sesuai dengan produk dan target pelanggan potensial anda. Misal, jika pelanggan potensial anda adalah kawula muda buatlah kampanye pemasaran dengan gaya yang kasual. Jika pelanggan potensial anda adalah kalangan pebisnis buatlah kampanye pemasaran dengan yang menampilkan profesionalitas.

4. Mengikuti Pameran Produk

Mengikuti pameran produk sebenarnya juga merupakan kampanye pemasaran produk dan jasa anda. Ikutilah pameran-pameran pemasaran produk yang sesuai dengan produk dan target pelanggan potensial anda. Misal, jika produk dan jasa anda adalah berada pada bidang IT, maka ikutilah pameran produk IT seperti pameran komputer. Dengan mengikuti pameran produk anda pun akan bertemu langsung dengan pelanggan potensial di tempat pameran tersebut. Dengan demikian anda dapat mengenal mereka secara langsung dan mengevaluasi produk.

5. Evaluasi Produk

Setelah anda melakukan kampanye pemasaran dan mengikuti pameran produk langkah terakhir adalah mengevaluasi produk. Evaluasi produk sebenarnya adalah melakukan perbaikan terhadap produk dan layanan jasa anda untuk kemudian dilepas lagi. Gunakan data-data dari hasil kampanye pemasaran dan pameran produk untuk mengetahui permintaan dari pelanggan potensial anda.

Dan juga lima tambahan bagaimana mengenali mereka :
1. Perhatikan bahasa awal konsumen
Dibutuhkan keahlian khusus memang untuk menganalisa bahasa konsumen. Apalagi komunikasi yang dilakukan hanya via chatting atau telepon. Bahasa konsumen terkadang setiap daerah berbeda-beda, yang diperlukan adalah perhatikan intonasi bicara konsumen atau bahasa chatting yang dikirimkan untuk mengetahui apakah mereka benar-benar minat dengan produk Anda. Jangan lupa untuk melakukan pencatatan apa saja hal-hal penting yang disampaikan konsumen.

2. Dengarkan keluhan konsumen
Tak jarang konsumen yang mendapatkan kekecewaan di toko online lain menceritakan pengalamannya kepada Anda sesama pebisnis online. Menghadapi kondisi seperti ini, Anda bisa memberikan solusi baru dan memberikan bukti bahwa toko online Anda tak seperti toko online lainnya. Ceritakan pula bagaimana sistem pelayanan yang Anda berikan, dengan begitu kepercayaan mereka bisa mulai tumbuh kembali dan menjadi salah satu prospek yang Anda miliki.

3. Perhatikan ekspresi
Sadar atau tidak, ekspresi bisa mewakili perasaan. Ini juga berlaku dalam dunia bisnis atau usaha. Cobalah perhatikan konsumen Anda ketika datang ke toko atau mungkin via chatting, terkadang konsumen menggunakan emoticon mewakili perasaannya. Dan pastinya, kita harus pahami betul tentang ini, karena sepengalaman saya, saya terus berusaha bagaimana konsumen tetap ceria dan tidak kaku ketika menikmati pelayanan bisnis kita

4. Catat Feedback
Feedback tentu sangat menentukan final konsumen pada akhirnya. Saya ambil contoh ketika bergerak dibidang desain atau jasa yang melalui proses “persiapan”. Coba kita ajak konsumen kita berkomunikasi via email, kalau balasan email ada revisi dan bahasa yang digunakan sangat detil, bisa dipastikan bila konsumen tersebut sudah >60% deal untuk menggunakan jasa kita. Perlu juga dipelajari, jenis-jenis konsumen sangat banyak. Ada yang aktif, ada yang pasif, ada yang sabar dan ada yang tidak sabar. Jadi, sudah menjadi tugas kita untuk jeli mengerti tentang karakter dan perilaku konsumen.

5. Lakukan survey melalui social media
Jangan abaikan social media yang dimiliki setiap konsumen Anda. Saya sangat setuju sekali kalau konsumen sekarang ini sangat gemar berkomunikasi lewat social media, tapi tak jarang juga yang kurang senang berkomunikasi via chat lewat social media. Akan lebih baik kalau kita sebagai pebisnis mengetahui tentang aktifitas konsumen tersebut paling banyak disocial media yang mana. Agar dia terus tahu aktivitas social media yang kita miliki.


Semoga 5 Strategi pemasaran untuk mengetahui konsumen potensial yang sudah saya sampaikan bisa memberikan manfaat bagi para pengunjung BisnisUKM.com. Tetap berikan yang terbaik untuk mempertahankan kepercayaan para pelanggan. Salam sukses!

Maka carilah sebanyak banyaknya pelanggan potensial agar diri kita mendapatkan keuntungan di masa depan dan juga  mendapatkan profit yang tinggi

Comments