Pelanggan Salah Satu Sumber Pemasukan Utama Bisnis |
Pelanggan ialah salah satu sumber pemasukan bagi dana bisnis atau perushaan dan kemampuan dalam melihat pelanggan potensial kita sangat di butuhkan karena mereka akan memberikan efek yang besar bagi berlangsungnya bisnis perusahaan
Pelanggan yang potensial akan menjadi pelanggan setia kita di masa depan, dan akan setia membeli produk atau memakai jasa kita, namun untuk menemukan mereka bisa di bilang gampang gampang susah dimana mereka tidak bisa langsung kita dapatkan tanpa melalui proses tertentu
5 langkah tepat untuk mendapatkan pelanggan potensial produk
dan jasa
Di antara beberapa cara yang ada, saya coba rangkum 5
langkah tepat untuk mendapatkan pelanggan potensial produk dan jasa yang patut
anda coba.
1. Identifikasi Produk
Sebelum mencari pelanggan potensial, Anda sendiri yang harus
mengidentifikasi produk dan jasa yang anda hasilkan dengan mengajukan beberapa
pertanyaan seperti berikut ini Apakah produk dan jasa tersebut memang
dibutuhkan oleh masyarakat? Apa kegunaan produk dan jasa anda hingga dibutuhkan
masyarakat?
2. Identifikasi dan Targeting Pelanggan Potensial
Setelah anda mengidentifikasi produk anda, barulah anda
dapat melakukan identifikasi dan targeting pelanggan potensial produk anda.
Tentukan siapa target pasar dari produk Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda
mencari konsumen yang sekiranya tertarik untuk menggunakan produk tersebut.
3. Buat Kampanye Pemasaran
Setelah melakukan identifikasi pasar, selanjutnya adalah
membuat kampanye pemasaran. Buatlah kampanye pemasaran yang sesuai dengan
produk dan target pelanggan potensial anda. Misal, jika pelanggan potensial
anda adalah kawula muda buatlah kampanye pemasaran dengan gaya yang kasual.
Jika pelanggan potensial anda adalah kalangan pebisnis buatlah kampanye pemasaran
dengan yang menampilkan profesionalitas.
4. Mengikuti Pameran Produk
Mengikuti pameran produk sebenarnya juga merupakan kampanye
pemasaran produk dan jasa anda. Ikutilah pameran-pameran pemasaran produk yang
sesuai dengan produk dan target pelanggan potensial anda. Misal, jika produk
dan jasa anda adalah berada pada bidang IT, maka ikutilah pameran produk IT
seperti pameran komputer. Dengan mengikuti pameran produk anda pun akan bertemu
langsung dengan pelanggan potensial di tempat pameran tersebut. Dengan demikian
anda dapat mengenal mereka secara langsung dan mengevaluasi produk.
5. Evaluasi Produk
Setelah anda melakukan kampanye pemasaran dan mengikuti
pameran produk langkah terakhir adalah mengevaluasi produk. Evaluasi produk
sebenarnya adalah melakukan perbaikan terhadap produk dan layanan jasa anda
untuk kemudian dilepas lagi. Gunakan data-data dari hasil kampanye pemasaran
dan pameran produk untuk mengetahui permintaan dari pelanggan potensial anda.
Dan juga lima tambahan bagaimana mengenali mereka :
Dan juga lima tambahan bagaimana mengenali mereka :
1. Perhatikan bahasa awal konsumen
Dibutuhkan keahlian khusus memang untuk menganalisa bahasa
konsumen. Apalagi komunikasi yang dilakukan hanya via chatting atau telepon.
Bahasa konsumen terkadang setiap daerah berbeda-beda, yang diperlukan adalah
perhatikan intonasi bicara konsumen atau bahasa chatting yang dikirimkan untuk
mengetahui apakah mereka benar-benar minat dengan produk Anda. Jangan lupa
untuk melakukan pencatatan apa saja hal-hal penting yang disampaikan konsumen.
2. Dengarkan keluhan konsumen
Tak jarang konsumen yang mendapatkan kekecewaan di toko
online lain menceritakan pengalamannya kepada Anda sesama pebisnis online.
Menghadapi kondisi seperti ini, Anda bisa memberikan solusi baru dan memberikan
bukti bahwa toko online Anda tak seperti toko online lainnya. Ceritakan pula
bagaimana sistem pelayanan yang Anda berikan, dengan begitu kepercayaan mereka
bisa mulai tumbuh kembali dan menjadi salah satu prospek yang Anda miliki.
3. Perhatikan ekspresi
Sadar atau tidak, ekspresi bisa mewakili perasaan. Ini juga
berlaku dalam dunia bisnis atau usaha. Cobalah perhatikan konsumen Anda ketika
datang ke toko atau mungkin via chatting, terkadang konsumen menggunakan
emoticon mewakili perasaannya. Dan pastinya, kita harus pahami betul tentang
ini, karena sepengalaman saya, saya terus berusaha bagaimana konsumen tetap
ceria dan tidak kaku ketika menikmati pelayanan bisnis kita
4. Catat Feedback
Feedback tentu sangat menentukan final konsumen pada
akhirnya. Saya ambil contoh ketika bergerak dibidang desain atau jasa yang
melalui proses “persiapan”. Coba kita ajak konsumen kita berkomunikasi via
email, kalau balasan email ada revisi dan bahasa yang digunakan sangat detil,
bisa dipastikan bila konsumen tersebut sudah >60% deal untuk menggunakan
jasa kita. Perlu juga dipelajari, jenis-jenis konsumen sangat banyak. Ada yang
aktif, ada yang pasif, ada yang sabar dan ada yang tidak sabar. Jadi, sudah menjadi
tugas kita untuk jeli mengerti tentang karakter dan perilaku konsumen.
5. Lakukan survey melalui social media
Jangan abaikan social media yang dimiliki setiap konsumen
Anda. Saya sangat setuju sekali kalau konsumen sekarang ini sangat gemar
berkomunikasi lewat social media, tapi tak jarang juga yang kurang senang
berkomunikasi via chat lewat social media. Akan lebih baik kalau kita sebagai
pebisnis mengetahui tentang aktifitas konsumen tersebut paling banyak disocial
media yang mana. Agar dia terus tahu aktivitas social media yang kita miliki.
Semoga 5 Strategi pemasaran untuk mengetahui konsumen
potensial yang sudah saya sampaikan bisa memberikan manfaat bagi para
pengunjung BisnisUKM.com. Tetap berikan yang terbaik untuk mempertahankan
kepercayaan para pelanggan. Salam sukses!
Maka carilah sebanyak banyaknya pelanggan potensial agar diri kita mendapatkan keuntungan di masa depan dan juga mendapatkan profit yang tinggi
Comments