![]() |
Komunikasi Yang Efisien Menictpatakn Hasil Akhir Yang Maksimal |
Bekerja dalam tim yang penuh dengan keterbukaan dan komunikasi
yang baik merupakan sebuah kelebihan dan menjadi suatu kepuasan tersendiri
apabila pemikiran kita mampu untuk dicerna dengan baik dalam forum dan
bersinergi antara satu dengan yang lainnya.
Namun untuk membangun sebuah tim yang solid dengan didukung
komunikasi yang efektif perlu komitmen dan kesadaran antar masing-masing
personil dalam tim. Apakah tim Anda bertindak seolah mereka hanya sekelompok
orang yang berkumpul atau belum memiliki tujuan yang sama?
Tolong dibaca juga : Bagaimana mendapatkan rasa percaya diri dalam bisnis
Berikut tips untuk membangun dinamika tim yang lebih baik:
Cobalah untuk lebih tertarik dengan rekan tim Anda Tahukah
Anda ketika kita saling terbuka dan tertarik dengan rekan kerja Anda, hal
tersebut akan berdampak positif karena berhubungan langsung dengan hasil
keseluruhan tim. Meningkatkan ketertarikan antara satu sama lain seperti lebih
mengenal hobby atau keluarga akan memberikan perbedaan yang cukup berarti bagi
kinerja tim.
Bertanyalah untuk mengklarifikasi
Menurut berbagai pendapat,
penilaian, pengalaman dan penelitian komunikasi sulit dilakukan secara efektif
bila dalam situasi yang bising. Pastikanlah Anda mendapatkan pesan dari rekan
Anda secara lengkap dan jelas, apabila berasa kurang tidak ada salahnya untuk
mengklarifikasi ulang agar tercipta persepsi yang jelas.
Hormatilah rekan tim Anda dalam berbagai halSetiap orang di
dalam tim seharusnya memiliki tujuan yang sama. Masing-masing orang datang
dengan talenta dan kemampuan mereka masing masing untuk konstribusi tim, karena
itu penting untuk saling menghormati kehebatan masing-masing rekan hari ini.
Berikan penghargaan bahwa apa yang mereka lakukan benar
Perhatikanlah hal-hal detil seperti ketepatan waktu, partisipasi dalam
pertemuan, mengatur waktu dan berikanlah mereka pujian yang proporsional, tidak
perlu berlebihan. Yang terpenting adalah mereka dapat mengetahui kita sebagai
rekan kerjanya mampu memberikan apresiasi untuk setiap hal positif yang
mendukung kinerja tim
Pastikan permintaan Anda jelas dan dimengerti Komunikasi
berkaitan erat dengan kebutuhan dan permintaan , ketika meminta sesuatu kepada
rekan kerja pastikan komunikasi tersebut didengar dan dipahami secara jelas.
Hal tersebut dapat dipastikan dengan cara meminta mereka mengulangi apa yang
Anda komunikasikan. Mungkin Anda akan terkejut dengan apa yang anda dengar.
Tolong dibaca juga : Komunikasi Yang Efektif Bisa Memenangkan Usaha
Berikan perhatian Meningkatkan perhatian dalam berkomunikasi
sangat membantu dalam penyampaian pesan dan dapat meminimalisir salah paham.
Bahasa tubuh, nada suara, energi dan antusiasme adalah adalah aspek-aspek
komunikasi yang dapat dilihat saat kegiatan berkomunikasi.
Berbagai tips di atas dapat membantu Anda lebih mengenal dan
memahami tim Anda, karena sebuah tim adalah sekelompok individu yang memiliki
tujuan yang sama, ingin dihargai untuk setiap hal kecil yang mereka lakukan
serta diakui atas keberadaan mereka. Luangkanlah sedikit dari waktu anda untuk
mereview komunikasi Anda untuk hasil kerja yang lebih maksimal.
Comments