Facebook Untuk Mengelola Manajemen |
Saat ini Kita sering sekali mendengar bahwa trend social
media seperti Twitter, Facebook, Youtube sudah menjadi hal yang tidak pernah
lepas dalam kehidupan kita sehari hari bahkan berita berita di televisi pun
saat ini banyak menjadikan Social Media seperti acuan ..misalnya berita diambil
dari Youtube , twitter bahkan Facebook
Social Media Digunakan dari Perusahaan kelas menengah hingga
pebisnis kecil termasuk para Artis dan Para Selebritis, pembicara Seminar dan
individu juga sama saja. Mereka juga tidak mau ketinggalan untuk ikut
menunggangi kekuatan dan manfaat dari promosi lewat social media terutama
Twitter , saat ini Hampir semua Artis Indonesia sangat Aktif Di Twitter
Bahkan saat ini Perusahaan besar di dunia yang masuk dalam
FORTUNE 500 juga sudah mulai mengubah strategi marketing ke arah Social Media
Marketing, karena saat ini konsumen tidak lagi membeli karena ditawarkan,
tetapi membeli karena dikenalkan oleh teman atau sumber yang dipercayainya yang
disebut word of mouth, bahkan sekarang sudah berubah lagi menjadi WORLD OF
MOUTH.
Keuntungan Social Media Bagi Perusahaan Anda adalah :
Gratis tidak Perlu membayar Server untuk: akses.
2. User friendly
3. Komunikasi , diskusi dengan banyak orang secara langsung
‘Real Time’;
4. Peningkatan kesadaran organisasi
5. Mampu memonitor percakapan tentang organisasi
6. Identifikasi komentar positif dan negatif
7. Media untuk mempelajari pemikiran pelanggan tentang
perusahaan
8. Meningkatkan lalu lintas ke website
9. Lebih menguntungkan persepsi merek
10. Mampu mengembangkan kegiatan pemasaran yang ditargetkan
11. Pemahaman yang lebih baik tentang persepsi pelanggan
merek mereka
12. Peningkatan wawasan tentang target pasar mereka
13. Peningkatan bisnis baru
14. Identifikasi peluang produk atau layanan baru
15. Peringatan dini dari masalah produk atau jasa potensial
I. FACEBOOK
Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang
diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg,
seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High
School.
Pada awal masa berdirinya situs web jejaring sosial ini,
keanggotaannya masih dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan
selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston
College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU,
Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak
perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun
waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki
alamat email suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh
dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Sejak 11 September 2006,
semua orang dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook.
Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang
tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Pada tahun 2007, popularitas Facebook terus melonjak. Tabel
berikut dari comScore menggambarkan ledakan pertumbuhan Facebook sepanjang
tahun lalu.
Fakta tentang Facebook :
1. Menurut juru
bicara untuk Facebook Chris Hughes pengguna menghabiskan rata-rata 19 menit per hari di Facebook
2. Diperkirakan bahwa 85% dari semua siswa memiliki profil
Facebook (AS)
3. Diperkirakan bahwa nilai Facebook adalah sekitar $ 8
miliar Jaringan terbesar di situs adalah Toronto, Ontario dengan lebih dari
600.000 pengguna saja.
4. The facebook.com domain awalnya dibeli seharga $ 200.000.
5. Menurut comScore, dari Mei 2006 hingga Mei 2007, pengguna
Facebook dalam bingkai usia 12-17 meningkat sebesar 149%, pengguna dalam
bingkai usia 25-34 meningkat sebesar 181%. Ada 98.979.539 menginstal aplikasi
di 3.343 di Facebook.
Saat ini Facebook menempati urutan ke 6 situs yang paling
banyak di akses di Indonesia dan urutan ke 5 di seluruh dunia.(sumber:
Wikipedia)
11 Manfaat Menggunakan Aplikasi Facebook untuk Bisnis :
1. Branding – Facebook dapat menjadi sumber daya yang besar
untuk menghasilkan brand awareness. Facebook menjadi populer di kalangan
demografi berbagai umur dan dapat menjadi intersepsi menciptakan titik untuk
membangun hubungan Anda dengan Anda konsumen dan prospek.
2. Customer Engagement – Menggunakan aplikasi Facebook bisa
menjadi cara yang bagus untuk promosi berkomunikasi, kontes dan acara. Sekali
lagi itu adalah titik lain intersepsi yang dapat dimanfaatkan untuk menarik
keterlibatan konsumen dengan merek Anda, produk atau jasa Anda.
3. Web Drive Lalu Lintas – Facebook dapat bertindak sebagai
titik Portal untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda dan properti online
lainnya.
4. Reputasi Manajemen – dapat menjadi alat yang berguna
untuk melihat apa yang pengguna katakan tentang Anda dan merek Anda. Selain itu
Anda profil Facebook kini dapat diindeks dalam hasil pencarian dan sebagai
hasilnya dapat memberikan lain listing menguntungkan dalam hasil pencarian
organik dari mesin.
6. Pelanggan Akuisisi
Baru – Facebook memberikan kesempatan untuk menemukan konsumen Anda mungkin
tidak dinyatakan ditemukan.
7. Lead Generation – Serupa dengan poin sebelumnya adalah
bahwa Facebook dapat bertindak sebagai alat lain memimpin gen potensial yang
dapat digunakan untuk memenuhi syarat memimpin. Meninjau profil prospek
potensial ‘dapat membantu Anda membangun hubungan dengan prospek Anda dan
bantuan dalam proses generasi memimpin kualifikasi.
8. Klien Retensi – menyediakan titik lain intersepsi
potensial untuk membangun hubungan dengan konsumen Anda.
9. Pengaruh Viral – Ambil kata Dari mulut ke tingkat yang
baru. Tidak ada yang menarik kerumunan orang banyak seperti … Facebook adalah
menarik cukup kerumunan.
10. Mekanisme umpan balik – Menggunakan Facebook dan
berbagai aplikasi yang tersedia dapat membantu Anda memahami perilaku konsumen
berdasarkan pada berbagi konten dan komentar di situs jejaring sosial.
11. Digunakan untuk
memecahkan kasus Bisnis – Facebook dapat memberi Anda kesempatan untuk
membangun rencana bisnis yang sukses seperti yang Anda menargetkan pasar
vertikal tertentu dengan tujuan bisnis yang spesifik.
Comments