Konunikasi Yang Erat Dapat Memecahkan Msalah Lebih Besar |
Membangun hubungan baik merupakan salah satu insvestasi yang
tak ternilai. Anda pasti masih ingat ketika saya melabeli bisnis online sebagai
bisnis masa depan? Bukan tanpa alasan saya menyebutnya begitu. Inilah model
bisnis ideal. Bisnis ini memungkinkan anda bertransaksi dengan siapapun tanpa
harus beranjak dari tempat duduk anda. Anda bisa menawarkan produk anda pada
jutaan orang sekaligus. Bandingkan misal kalau anda punya toko dan melayani
seribu pembeli sekaligus. Sangat merepotkan bukan?
Nah, agar bisnis online anda berjalan lancar, tentunya anda
perlu membangun hubungan baik dengan pengunjung atau konsumen anda. Hubungan
baik dalam jangka panjang adalah dasar kesuksesan bisnis anda.
Biasanya, kebanyakan merchant lebih fokus pada produk dan
pelayanan sebelum pembelian. Asal produknya bagus, kadang mereka tidak begitu
peduli bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan. Seperti misalnya, ketika
konsumen belum membeli produk atau jasa anda, pelayanan yang anda berikan
sangat baik. Namun, setelah mereka menjadi konsumen anda, biasanya tingkat
pelayanannya menurun. Bagi saya ini sebuah blunder.
Tapi bagaimana membangun hubungan baik di internet? Itu yang
harus anda ketahui.
Untuk memulainya anda tak perlu menemui langsung konsumen
anda satu persatu. Anda bisa misal cukup menyapa mereka lewat e-mail. Pastikan
paling tidak mereka merasa mendapat perhatian sehingga jalinan komunikasi tak
terputus.
Cara gampang yang bisa anda lakukan misal mengucapkan kata
‘terima kasih’ pada konsumen. Pastikan mereka mendapatkan perhatian anda.
Dengan cara yang sama, yakinkan mereka bahwa anda orang yang dapat dipercaya.
Tinggalkan kesan positif, agar mereka simpati dan tetap mau berbisnis dengan
anda.
Saya, selalu terkesan dengan pelayanan di bank yang selalu
bersikap ramah. Satpam membukakan pintu masuk sambil tersenyum, dan selalu
menyapa anda. Mungkin hal itu sederhana, tapi sangat mendasar dalam melakoni
bisnis. Dengan bersikap seperti itu, para pelanggan pasti terkesan. Mereka tak
ragu untuk kembali berkunjung.
Lakukanlah hal serupa pada bisnis online anda. Cobalah
beramah tamah dengan para pengunjung. Sapalah dengan penuh kehangatan agar
meninggalkan kesan positif. Ajaklah mereka berinteraksi. Bersikaplah penuh
perhatian.
Sediakan dan lakukan komunikasi lewat berbagai jalur. Selain
email, anda bisa sediakan telepon dan juga chatting untuk melayani konsumen
anda. Dengan membuka banyak jalur, harapannya semakin mudah pengunjung untuk
menghubungi anda. Saya yakin dengan cara ini, perlahan hubungan baik antara
anda dengan para pengunjung bisa terjalin. Sekaligus menumbuhkan kepercayaan
bahwa produk dan service yang anda tawarkan memang berkualitas.
Dalam pelayanan yang anda berikan, jangan sampai
mengecewakan mereka. Karena jika sekali saja mereka kecewa, bisa jadi hubungan
baik yang anda bina akan berakhir, dan hancurlah reputasi anda.
Agar hal itu tak terjadi, tetap jaga hubungan baik dan
berikan pelayanan terbaik. Ciptakan kesan nyaman agar pelanggan betah
berlama-lama mengunjungi blog dan situs web anda. Lebih baik lagi jika anda
bisa meningkatkan hubungan anda bukan lagi antara produsen dan konsumen, tapi
sebagai teman. Yakinlah, dengan begitu mereka akan tak akan pindah ke lain
produk. Dan keuntungan tanpa henti akan tetap menjadi milik anda. Karena saya
yakin, membangun hubungan baik dengan semua orang maka makin banyak rejeki yang
menghampiri anda.
Comments