Sosial Media Meningkatkan Kemampuan Bisnis |
Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam
strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi
kepada pengunjung website bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial
media bagi sebuah bisnis. Banyak bisnis kelas menengah kebawah di seluruh dunia
telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi
kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek. Ditambah perkembangan jenis
sosial media yang semakin bervariasi, mulai dari sosial media personal, blog,
biro jodoh bahkan eCommerce. Tapi, bagaimanapun tetap ada sebagian pihak yang
skeptis akan pengaruh sosial media bagi bisnis.
Berikut adalah 10 keuntungan sosial media bagi bisnis:
Sosial Media Merupakan Cara Yang Mudah Untuk Mencari Tahu
Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda
Bagi bisnis yang bergerak di industri apapun, salah satu
kunci kesuksesannya adalah dengan mengenal pelanggan lebih dekat. Sosial media
membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan
sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada di setiap akun sosial media,
kini bisa diketahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen Anda, bahasa
yang mereka gunakan, rentang usia,
bahkan jenis kelamin. Informasi ini dapat membantu proses branding dan
promosi kepada target konsumen yang tepat. Dengan target konsumen yang tepat
diharapkan akan memberikan keuntungan lebih dari investasi yang telah
dilakukan.
Sosial Media Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih
Efektif
Geo-targetting merupakan langkah yang efektif bila Anda
ingin mengirimkan pesan kepada target konsumen secara spesifik berdasarkan
lokasi mereka. Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki perangkat
pendukung yang membantu Anda untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi
konsumen.
Sosial Media Membantu Anda Menemukan Konsumen Baru Dan
Memperluas Target Pasar
Jejaring sosial seperti Twitter membantu bisnis kecil untuk
menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Jika Anda ingin mencari
konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan Anda, pencarian berdasarkan
lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Twitter. Selanjutnya Anda akan menemukan
calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis Anda.
Sosial Media Memudahkan Konsumen Untuk Memberikan Feedback
Mengenai Bisnis Anda Secara Langsung
Sosial media untuk bisnis memberikan Anda akses kepada
feedback positif maupun negatif dari konsumen, yang merupakan informasi
berharga dari sudut pandang konsumen. Sebagai contoh, jika Anda meluncurkan
produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan Anda bisa
langsung mengetahui pendapat konsumen. Cara lain untuk mengetahui perspektif
konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan produk
Anda.
Mengembangkan Target Pasar dan Selangkah Lebih Maju Dari
Kompetitor
Dengan sosial media Anda bisa mendapatkan informasi penting
dari kompetitor, sehingga dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda. Dengan
cara ini, Anda bisa menganalisa teknik apa saja yang digunakan oleh kompetitor
dan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan.
Tolon dibaca juga : bagaimana cara mengatasi kecanduan pada smartphone
Sosial Media Dapat Membantu Meningkatkan Pengunjung Website
dan Ranking Search Engine
Salah satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis
adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang
bisa Anda dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda
bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media. Meskipun tidak
signifikan tetapi sosial media juga memberikan sinyal positif kepada search
engine, sehingga bisa meningkatkan ranking website.
Bagikan Informasi Lebih Cepat Dengan Sosial Media
Sebelumnya proses pemasaran mengalami kendala untuk
menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat. Kini dengan
adanya sosial media, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah
dan cepat. Saat Anda menggunakan sosial media untuk bisnis, khususnya untuk
membagikan informasi mengenai bisnis Anda, cukup klik tombol ‘share’ pada
setiap sosial media yang digunakan. Tapi tetap pastikan bahwa informasi yang
Anda bagikan sesuai dengan minat target konsumen Anda.
Sosial Media Membantu Menghasilkan Daftar Calon Konsumen
Baru
Sosial media mampu menjangkau siapapun yang menggunakannya,
terlepas apakah itu calon konsumen ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan
jasa atau produk bisnis Anda.
Lebih Dekat Dengan Konsumen Melalui Sosial Media
Sosial media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan
hubungan dengan konsumen Anda. Contohnya, sosial media membantu bisnis agen
perjalanan wisata untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan dengan
konsumen dibangun sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan jasa
mereka. Komunikasi semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui sosial
media dibanding hanya melalui pemasaran konvensional.
Sosial Media Meningkatkan Brand Awareness Dan Promosi Dengan
Biaya Yang Minim
Terakhir, sosial media membantu bisnis Anda untuk
meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada.
Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu, membangun brand dengan
sosial media setidaknya membutuhkan proses dan waktu.
Hasil Studi Sosial Media dan Bisnis
Menurut studi di ExpertMarket banyak bisnis yang tidak
mengerti apa yang harus dipost di sosial media. Sementara 71% konsumen
mengatakan mengikuti sosial media untuk info promosi/diskon dan 66% lainnya
mengaku untuk mendapatkan udpate produk terbaru. Sementara hampir setengah dari
konsumen terhubung dengan sosial media brand untuk berkomunikasi dengan
customer service.
Sedangkan online review dari konsumen masih memegang peran
penting dalam penjualan. Dengan 61% konsumen yang mengaku bahwa review atau
testimonial disebuah website sangat mempengaruhi keputusan berbelanja mereka.
Berikut infografis dari ExpertMarket mengenai gambaran
bagaimana bisnis, konsumen dan sosial saling berhubungan satu sama lain di era
digital.
Konsumen Anda berkomunikasi secara online, sosial media
adalah tempat dimana Anda bisa bertemu dan mendengarkan kebutuhan mereka.
Meskipun promosi bisnis melalui sosial media membutuhkan waktu dan proses yang
tidak bisa dibilang cepat dan mudah, tapi jika dilakukan dengan tepat hasil
yang didapat sangat sesuai.
Comments