Berbagai hal harus dilakukan agar para konsumen mencintai produk kita dimana berbagai kiat harus dilakukan agar pembeli pertama dapat datang dan membeli lagi produk yang ditawarkan
Bagaimanakan agar menarik Customer agar menyukai dan mencintai
Anda? Ini ada beberapa tips mendasar yang perlu diperhatikan sebelum memasuki
ke teknik penjualan atau pelayanan yang begitu banyak.
Cara agar pelanggan menyukai produk yang kita buat
1. Love your
self
Bagaimana anda mengharapkan orang lain suka dengan diri anda
kalau anda sendiri tidak suka dengan
diri anda. Sebelum orang lain menyukai anda, anda harus
menyukai diri anda sendiri, tidak hanya menyukai tapi mencintai diri sendiri.
Terimalah diri anda apa adanya. tidak perlu merasa minder atau merasa kurang
cantik atau tampan. Percayalah setiap orang mempunyai kecantikannya
masing-masing yang itu akan terpancar keluar dalam diri bila anda mencintai
diri sendiri. Mulailah dengan merawat diri sendiri, menjaga kebersihan diri,
menjaga penampilan diri.
Agar selalu terlihat rapi dan enak dilihat. Hindari
bau badan atau bau mulut. Hindari parfum yang berlebihan atau bau-bauan yang
bisa mengganggu orang lain ketika berdekatan. Bila mau bertemu klien pastikan
penampilan Anda bersih, enak dilihat, wangi dan bersih.
2. Be Confident
Percayalah pada diri sendiri, kalau diri sendiri aja tidak
bisa dipercayai bagaimana orang lain akan mempercayai Anda. Kalau anda tidak
percaya diri maka ketika berhadapan dengan orang lain maka akan terlihat
ragu-ragu dan takut-takut sehingga orang tidak akan menghargai atau bisa jadi
akan meremehkan anda. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat anda ragu
atau takut. Cari solusi untuk mengatasinya. Kenali potensi diri Anda, ketahui
kekuatan dan kelemahan Anda. Bila Anda merasa tidak pandai berbicara, mulai
belajar berbicara, latihan dan siapkan scriptnya terlebih dahulu. Anda bisa
berlatih di depan cermin atau berlatih dengan teman Anda, Saudara atau orang
tua Anda. Bangun terus rasa percaya diri Anda.
3. Attitude
Pembeli akan suka dengan penjual yang ramah dan
menyenangkan. Pelanggan akan merasa nyaman dan
senang bila dilayani dengan sopan dan baik. Sikap yang baik
itu sangat penting. Pembeli juga tidak suka dengan penjual yang bersikap
berlebihan misal, suka pegang-pegang, lebay, ramah yang dibuat-buat. Atau
menunjukkan sikap yang ogah-ogahan atau sikap tidak bersemangat. Pernah ada
seorang sales yang sedang kesal dengan perusahaan atau Bos-nya dia melayani
kliennya dengan malas-malasan.
Dan ketika dia pindah ke tempat lain klien yang
pernah dilayani itu ingat dia dan tidak mau dilayani oleh sales ini. Orang
mungkin tidak ingat apa yang Anda katakan tapi dia akan ingat bagaimana sikap
anda waktu melayani dia. Kalau pekerjaan
anda memang sales atau marketing, ingatlah selalu klien anda yang sekarang akan
selalu bisa menjadi klien anda dimasa yang akan datang.
4. Respect
Perlakukan klien atau customer anda dengan respek, hargai
customer anda. Dengan menghargai orang lain kita juga akan diharagi. Bila kita
berkenalan ingat baik-baik namanya. Bila kita janjian ketemu datang tepat
waktu. Hargai waktunya, jangan datang terlambat atau menjelaskan dengan
bertele-tele. Hargai pendapat customer, jangan menggurui atau menganggap
customer bodoh atau tidak tahu. Jangan memaksa pembeli untuk membeli produk
anda. Tempatkan diri Anda pada posisi klien sehingga Anda akan tahu dan
merasakan bagaimana kalau Anda diperlakkan dengan baik.
5. Helpful
Selalu siap membantu customer. Mencari tahu apa yang
dibutuhkan customer dan membantunya. Bila kita tidak mempunyai barang yang
klien cari, maka kita bisa memberikan rekomendasi dimana bisa mendapatkan
barang tersebut. Jangan hanya melihat bahwa tugas saya hanya menjual ngapain
harus repot-repot bantu, gaji saya tidak seberapa ngapain capek-capek. Ini
adalah mental yang jelek dan tidak helpful.
Harap diingat orang akan selalu
menghargai dan ingat apa yang telah Anda lakukan dan Pelanggan yang puas ada
kemungkinan merekomendasikan ke orang lain. Saya ingat waktu akan kembali ke
Surabaya dari Pontianak dan mengalami keterlambatan koneksi pesawat. Petugas
bagian ticketing garuda benar-benar menolong saya, dia yang begitu helpful
mencarikan saya penerbangan sambungan dan memberikan saya fasilitas menunggu di
lounge. Beda dengan pramugari citilink
yang menyuruh penumpang cepat-cepat duduk tanpa membantu penumpang untuk
menempatkan bagasinya.
6. Product
knowledge
Sebagai seorang penjual mengetahui apa yang kita jual itu
sangat penting. Pembeli pasti akan tidak suka ketika dia bertanya tentang
produk yang kita jual dan kita tidak bisa menjawabnya. Kita harus tahu semua
tentang apa yang kita jual. Berapa harganya, apa spesifikasinya? Apa ada
garansi atau apa saja fungsinya.
Apa yang terbaik dari yang kita jual kenapa
itu layak beli. Dan kita juga harus tahu produk dari pesaing kita karena
biasanya pelanggan suka membandingkan antara satu produk dengan produk yang
lain. Kita tidak perlu menjelekan produk pesaing kita tapi kita haru tahu apa
kelebihan dari produk kita.
7. Active
listening
Jadilah pendengar yang baik, dengarkan apa yang klien mau
atau harapkan. Dengarkan dengan sepenuh hati. Adakan kontak mata, relax, senyum
dan jangan menyelah ketika klien sedang bicara, tunjukan empati ketika dia
sedang bercerita. Jangan ngajak berdebat dengan klien. Konfirmasi kesimpulan
anda kepada klien apakah yang dimaksud dari pembicaraannya seperti yang Anda
tangkap atau mengerti.
Perhatikan nada bicara anda ketika memberikan respon
atau feedback. Jangan menunjukan emosi bila anda tidak suka dengan apa yang
klien katakan. Tetap tenang dan berikan senyum. Perhatikan jarak antara anda
dengan klien, jangan duduk atau berdiri terlalu dekat yang membuat orang tidak
nyaman.
8. Integrity
Integrity ini sangat penting, apa yang telah kita katakan
harus sesuai dengan apa yang kita lakukan.
Harus bisa dipercaya atau jujur,Tidak curang, korupsi, Tidak membual
atau omong besar, Menjunjung tinggi nilai moral. Harap diingat dalam bisnis
Integrity itu harus dijaga dan dipegang teguh sekali kita tidak dipercaya orang
maka akan sangat susah bagi kita untuk menjalankan bisnis.
9. Comitmen
Selalu memegang janji dan kata-kata, Bertanggung jawab
dengan apa yang telah dikatakan atau dijanjikan. Misalnya bila sudah
menjanjikan akan mengirim barang yang sudah dijanjikan harus benar dilakukan,
jangan karena ingin laku padahal barang tidak maka mengatakan barang ada dan
akan dikirim. Atau mengganti barang yang telah dipilih pembeli tanpa
memberitahukan terlebih dahulu.
10. Well Organised
Jadilah pribadi yang terorganisir, Rapi dalam menyimpan data
atau file customer, Rapi dalam membuat catatan. Kalau janji bertemu dengan
klien siapkan catatan produk yang akan ditawarkan sehingga bisa memperlancar
presentasi. Jangan sampai ketika sudah duduk dihadapan klien catatan kita
ketinggalan sehingga kita tidak bisa menerangkan produk kita.
Jadilah pribadi yang menyenangkan sehingga orang akan susah
atau merasa tidak enak untuk menolak anda. Berilah kesan yang menyenangkan
sehingga klien akan mengingat anda. Orang tidak akan ingat apa yang anda
katakan setela berapa lama bertemu dengan anda tapi mereka akan ingat sikap
anda dan bagaimana perlakuan anda terhada klien anda.
Comments