Setiap pembelian barang tentu saja kita ingin ada pengulangan pada perilaku konsumen dalam membeli produk kita dimana kita ingin mereka merekomendasikan pada teman yang lainya. Begitulah proses rantai penjualan agar produk yang dibuat atau jasa yang ditawarkan banyak peminatya.
Konsumen yang ragu dan cenderung takut adalah hal-hal yang
lumrah biasa kita temui jika harus berbelanja di internet. Berbagai banyak
kasus penipuan online juga semakin marak, membuat konsumen terkadang cukup
was-was jika harus membeli barang di internet. Padahal dari sisi cost belanja
di internet jauh lebih menguntungkan konsumen, tapi dari sisi trust kebanyakan
konsumen masih cenderung berfikir panjang jika harus berbelanja di internet.
Sebagai penjual tentu harus menyiapkan berbagai langkah agar
nantinya bisa menarik konsumen untuk mau membeli produknya melalui internet.
Namun bagaimana caranya agar konsumen bisa yakin dan percaya bahwa Anda sebagai
penjual yang jujur dan bisa dipercaya oleh konsumen?
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik
kepercayaan konsumen bagi Anda yang berjualan secara online.
1.Membuat website khusus
Jika memang Anda serius untuk menjadi online seller, Anda
harus membuat website sedemikian rupa yang tentunya menggambarkan tentang
perusahaan Anda dan menampilkan produk yang Anda miliki. Buat pengunjung yakin
bahwa Anda serius untuk menjual produk-produk Anda dengan memiliki nama domain
website sendiri.
2.Cantumkan profile yang jelas
Kebanyakan konsumen ketika melihat sebuah toko baru, tidak
hanya online, offlinepun mereka pasti akan bertanya-tanya ini toko milik siapa
dan menjual apa saja? Nah, agar bisa menambah kepercayaan dari konsumen maka
jangan lupa untuk mencantumkan profile diri atau profile perusahaan Anda
beserta visi misinya. Jangan hanya nama kalau perlu cantumkan alamat yang jelas
dan nomor telfon Anda atau perusahaan Anda.
3.Tampilkan produk yang jelas
Untuk menjual produk di internet, pastikan semua produk Anda
dapat dilihat secara jelas, tidak samar. Kalaupun berupa gambar atau foto,
tampilkanlah foto yang paling maksimal dan tidak pecah. Selain dari foto,
penulisan deskripsipun harus singkat dan jelas. Tidak terlalu panjang ataupun
pendek, pastikan dalam deskripsi tersebut konsumen tidak akan bertanya kembali
kepada Anda. Semua yang menjadi pertanyaan konsumen pada umumnya, harus sudah
Anda tuliskan pada deskripsi produk tersebut.
Terkadang jika Anda memposting
produk pada situs-situs marketplace, jangan menuliskan deskripsi produk yang
hanya meng-copy paste dari situs lain. Misalnya Anda menjual handphone, biar
deskripsi jelas Anda menuliskan kembali spesifikasi dari handphone tersebut
yang mengambil deskripsi dari situs lain. Jsutru kebanyakan pembeli tidak cukup
tertarik untuk membaca spesifikasi dari apa yang Anda cantumkan. Lebih baik
Anda menuliskan deskripsi produk sendiri itu akan jauh lebih baik dan dari sisi
orisinalitasnya lebih bisa meyakinkan konsumen.
4.Berikan pelayanan terbaik
Anda sebagai penjual pastikan harus bisa memberikan
pelayanan yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli produk Anda
nantinya. Lima konsumen yang bertanya tentang produk Anda, paling tidak satu
dari mereka usahakan sudah pasti akan membeli produk Anda nantinya. Jika ada
pertanyaan dari konsumen, jawablah dengan sikap yang ramah, sopan, dan tegas.
Perlihatkan apa yang menjadi keunggulan dari produk Anda tersebut.
Pastikan
konsumen bisa benar-benar yakin dan percaya bahwa produk Anda adalah terbaik
dari yang paling baik. Sehingga nanti pada akhirnya konsumen akan tertarik
untuk membelinya.
5.Eksistensi diri
Untuk menunjukkan bahwa Anda adalah online seller yang
serius. Maka yang namanya eksistensi diri perlu dilakukan. Sebagai contoh jika
saat ini Anda menjadi penjual sepeda. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda
adalah penjual sepeda yang terpercaya dengan merubah nama profile di berbagai
situs jejaring sosial, atau juga bisa merubah nama contact bbm yang Anda miliki
dengan nama misalnya, “Anto Pedagang Sepeda”. Jika nama profile dan kontak Anda
tuliskan seperti itu semua, nantinya orang-orang akan selalu ingat kalau mau
beli sepeda bisa menghubungi Anto.
6.Update produk secara berkala
Salah satu kunci untuk meyakinkan konsumen adalah dengan
terus memperbanyak jumlah produk. Anda tidak akan bisa menjual produk dengan
hanya menjual beberapa item saja. Semakin banyak produk yang Anda jual tentu
akan semakin menambah tingkat kepercayaan dari konsumen.
7.Perbanyak jaringan
Cara selanjutnya agar bisa membuat konsumen percaya pada
usaha atau bisnis Anda yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memperluas
jaringan dan perbanyak relasi. Jangan lupa untuk mengenalkan usaha Anda juga.
Semakin banyak orang yang mengenali Anda, maka bisnis Anda juga akan semakin
dikenal oleh banyak orang. Otomatis orang juga sudah percaya bahwa Anda adalah
penjual yang mereka kenali. Jadi tidak akan ada lagi perasaan khawatir dari
konsumen karena sebagian konsumen adalah rekan Anda sendiri.
Anda tentu masih bisa bereksplorasi sendiri untuk meyakinkan
konsumen agar mau membeli produk Anda. Berhasil atau tidaknya cara diatas
adalah tergantung dari keseriusan Anda dalam menjalankannya. Satu hal lagi,
melakukan cara-cara diatas hasilnya tidak akan langsung bisa terlihat jika
hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Lakukan cara tersebut secara
berulang-ulang dan jangan lupa untuk update terus produk Anda secara berkala.
Comments