Berbagai macam produk yang kita lemparkan kepasaran tentunya harus mampu diserap oleh konsume, berbagai macam metode telah dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dan proses mengetahui bagaimana keinginan yang diinginkan konsumen dan meningkatkan penjualan telah banyak dilakukan oleh para pakar
alah satu poin penting yang perlu diperhatikan pelaku UKM
ketika menentukan strategi pemasaran adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh
pelanggan. Dengan mengetahui apa yang diinginkan setiap pelanggan, tentunya
Anda bisa menentukan produk atau jasa seperti apa yang sebenarnya mereka
butuhkan.
Karenanya sebelum Anda memutuskan terjun di dunia usaha,
penting bagi Anda untuk melakukan penelitian atau survey pasar untuk mengetahui
keinginan dan kebutuhan konsumen yang Anda bidik. Dalam hal ini, Anda bisa
menggunakan cara sederhana untuk mengetahui minat pelanggan terhadap sebuah
produk.
Tips pemasaran untuk mengetahui
keinginan pelanggan Anda.
1. Bertanya langsung kepada para pelanggan
Strategi sederhana ini sering kita temui langsung di
lapangan, namun sebagai konsumen kita tidak sadar bahwa sebenarnya sang pelaku
usaha sedang melakukan survey pasar dengan cara paling sederhana untuk
mengetahui minat dan kebutuhan para konsumen. Contohnya saja apabila kita
membeli produk sabun mandi di toko kelontong, biasanya sang pedagang tak
segan-segan menanyakan merek produk sabun yang kita inginkan sebelum mereka
memberikan pelayanan. Ketahuilah bahwa dari pertanyaan tersebut, para pedagang
warung kelontong bisa menentukan merek sabun apa saja yang paling banyak
diminati para konsumen, sehingga di waktu yang akan datang mereka akan
berbelanja merek sabun yang paling banyak dipilih konsumen.
2. Jadilah pelanggan bagi bisnis Anda sendiri
Memposisikan diri seolah-olah Anda adalah pelanggan bisnis
Anda sendiri bisa cukup membantu para pelaku usaha untuk memahami sudut pandang
setiap pelanggan. Dengan strategi tersebut Anda bisa merasakan apa yang mereka
rasakan dan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Selanjutnya, jangan ragu untuk meningkatkan kualitas produk dan
pelayanan yang Anda miliki, agar sudut pandang konsumen terhadap bisnis Anda
bisa lebih baik.
3. Kuisioner dan survey
survey pasarTak jarang para pelaku usaha sengaja membuat
kuisioner atau tabel survey untuk mengetahui apa saja keinginan pelanggan dan
mengukur seberapa besar kepuasan yang diperoleh setiap pelanggan. Dalam
menjalankan strategi ini Anda bisa membuat kuisioner ataupun survey dalam
bentuk tertulis maupun interview secara langsung dengan para pelanggan. Cara
seperti ini mungkin sering kita temui ketika kita membeli sebuah produk di
supermarket, dan ada petugas SPG (sales promotion girl) yang menanyakan data
kita untuk melakukan survey pasar.
4. Melihat data statistik pelanggan
Untuk mengetahui keinginan pelanggan, Anda bisa menganalisa
apakah pelanggan anda puas terhadap produk yang dijual dengan melihat data
statistik pelanggan. Jika mereka terus kembali dan berulang-ulang menggunakan
produk atau jasa Anda, bisa diartikan bila produk Anda sudah sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan mereka. Namun jika rata-rata konsumen hanya membeli
produk Anda satu kali saja, maka perlu dipertanyakan lagi kualitas produk yang
Anda pasarkan.
5. Lakukan survey dari tenaga penjual yang Anda miliki
Keinginan setiap pelanggan bisa Anda ketahui dari para
tenaga penjual yang Anda miliki. Sebab, mereka adalah orang-orang yang paling
mengerti apa yang menjadi keluhan pelanggan dan mengetahui pula apa yang banyak
dicari pelanggan. Karena itu, jadikan tenaga sales sebagai tangan kanan Anda
yang bisa membangun hubungan cukup kuat dengan pelanggan.
Mengingat laris tidaknya sebuah produk di pasaran
dipengaruhi oleh tinggi rendahnya keinginan konsumen, jadi pahamilah keinginan
pelanggan Anda sebelum menciptakan sebuah produk ataupun pelayanan jasa. Maju
terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Comments