Bisnis seperti sebuah bangunan dimana memiliki kerangka yang harsu disusun dan masing masing mendukung yang lainya. unsur tersebut haruslah dipenuhi agar suatu tujuan yang diciptakan bisa tercapai dengan baik dan menghasilkan yang maksimal
Unsur-unsur penyusun sebuah strategi bisnis yang jitu memang
tidak terhitung jumlahnya. Akan tetapi jika bisa dirangkum, ada beberapa unsur
yang paling lazim ditemui dalam berbagai strategi bisnis yang berhasil. Banyak
strategi jitu yang menyertakan unsur-unsur berikut ini di dalamnya.
Unsur penyusun yang harus dimiliki dalam menyusun rencana bisnis
Harga dan kualitas
Harga dan kualitas ialah unsur strategi yang paling umum
ditemui. Strategi ini bisa digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa
berkualitas prima dan harga yang sesuai atau menghasilkan barang berbiaya
rendah dan menjualnya dengan harga yang murah pula.
Cakupan jajaran produk
Suatu jajaran produk atau jasa yang bervariasi memuungkinkan
pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam satu tempat saja. Hal ini juga
bisa mendorong perekonomian yang pada gilirannya akan memberi untung pada
konsumen. Namun sebaliknya, sebuah jajaran produk yang sedikit memungkinkan
Anda untuk menggali potensi produk tersebut dengan lebih dalam, mungkin
termasuk banyak alternatif untuk jenis produk yang sama. Variasi produk yang
sedikit juga bisa disandingkan dengan keahlian yang seksama.
Produk canggih
Kita bisa menerapkan strategi penawaran produk yang paling
canggih sebagai strategi bisnis. Biasanya produk-produk dengan teknologi
terkini memiliki harga yang lebih mahal dibanding produk yang telah ketinggalan
jaman.
Produk trendi
Produk-produk yang bergaya bisa dijual dengan harga premium
tetapi juga membutuhkan biaya desain yang lebih tinggi dan lebih berisiko
karena keharusan membeli dengan harga yang lebih mahal.
Produk yang terkustomisasi
Salah satu dari strategi yang paling tidak berisiko untuk
usaha kecil ialah dengan menawarkan sejumlah kustomisasiyang biasanya tidak
bisa disediakan pabrikan/ korporat besar. Dengan begitu, usaha kecil bisa
membedakan penawaran mereka dari tawaran yang sudah baku dari perusahaan yang lebih
besar.
Ceruk pasar
Menawarkan produk atau jasa yang unik yang memenuhi
kebutuhan konsumen di sebuah ceruk pasar yang masih terabaikan ialah strategi
lain yang berisiko rendah yang bisa dilakukan usaha kecil. Biasanya volume
produk yang lebih kecil membutuhkan biaya operasi yang lebih besar tetapi
kompetisi yang lebih rendah bisa menjadi kompensasi dari biaya tersebut.
Layanan
Siasat lain yang bisa diterapkan ialah menyertakan sebuah
layanan berkualitas saat menjual sebuah produk. Cara ini diyakini akan dapat
membedakan bisnis Anda dari para pesaing yang hanya menawarkan sedikit atau
bahkan tidak menawarkan layanan tambahan sama sekali.
Comments