Peranan Twitter Bagi Membangun Komunikasi Kerja Dan Menciptakan Keunggulan



Twitter merupakan suatu media yang banyak di gunakam oleh manusia dan dipercaya mampu menciptakan suatu komunikasi yang handal diantaranya 

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (“follower“).

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.

Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama “Larry the “Bird”, dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.

Untuk bisnis, ada sejumlah manfaat untuk menggunakan Twitter. Banyak yang berhubungan dengan pertemuan real-time informasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisnis harus memanfaatkan Twitter.

15 Manfaat Twitter bagi Bisnis, antara lain :

 1.Berpartisipasi dalam industri Conversation. target audiens Anda dan / atau calon prospek berada di Twitter di mana mereka dapat membahas frustrasi mereka atau berkomunikasi pengalaman positif. Mengapa tidak menjadi bagian dari itu? Berpartisipasi dalam percakapan bila masuk akal untuk melakukannya. Berpikir Twitter sebagai jenis terbaru dari mixer sosial untuk terlibat dengan industri Anda.

2. Kesadaran merek – bisnis dapat menggunakan Twitter untuk menjaga merek mereka atas pikiran. Contohnya: ToysRUs.com (@ToysRUs) mempromosikan mainan Transformer terbaru atau TokoHemat.com (@Tokohemat) yang mempromosikan Jasa International online shopping dari merchant seluruh dunia, Twitter memungkinkan sebuah bisnis untuk menjaga merek mereka di luar sana.

3. Gunakan Twitter untuk mendapatkan Intelijen Kompetitif – Siapa Pesaing Anda di Twitter ?. Akibatnya Anda mungkin ingin mempertimbangkan pemantauan tweets mereka dari waktu ke waktu untuk melihat apa yang mereka kerjakan. Mungkin mereka sedang mempersiapkan untuk meluncurkan produk baru atau membuka cabang baru. Heck mungkin mereka akan melalui PHK besar-besaran dan kesempatan menampilkan dirinya untuk mengakuisisi mereka atau setidaknya mempekerjakan beberapa karyawan diberhentikan libur mereka. Twitter bisa menjadi lingkungan yang besar untuk memantau apa yang dilakukan pesaing. Ini juga dapat menjadi cara yang bagus hanya untuk melihat bagaimana persaingan Anda menggunakan Twitter sendiri. Mungkin Anda bisa mengambil tip atau dua.

4. Terlibat dengan audiens target Anda – Twitter memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan prospek potensial dan audiens target Anda. Walaupun anda tidak ingin menjadi “di wajah mereka” sepanjang waktu, Twitter tidak memungkinkan Anda untuk terlibat dengan orang-orang dengan re-tweeting posting atau menanggapi sesuatu yang mereka mungkin telah tweeted tentang, yang membawa kita ke …

5. Reputasi Manajemen Online – Informasi di Twitter istirahat dengan cepat. Kematian dilaporkan Michael Jackson pada 25 Juni, adalah salah satu contoh dari hal ini. Bisnis dapat menggunakan Twitter untuk memantau apa yang dikatakan tentang merek mereka hampir secara real-time. Jika seseorang memiliki pengalaman negatif dengan merek Anda, kemungkinan mereka mungkin tweet tentang hal itu. Jika demikian, bekerja untuk mengatasi masalah dan berkomunikasi kenyataan bahwa Anda melakukannya. Ingat Twitter adalah lingkungan sosial sehingga transparansi dan kejujuran dapat menjadi hal yang baik.

6. Promosikan Konten Blog Anda – jika perusahaan Anda memiliki blog perusahaan atau berbagai blog, Anda dapat menggunakan Twitter untuk mempromosikan konten blog Anda. Heck Anda dapat mengatur feed untuk secara otomatis posting URL posting blog Anda langsung ke Twitter.

7. Twitter dan Mobile – karena Twitter sangat mudah digunakan dan dibatasi hingga 140 karakter, menggunakan ponsel dengan Twitter juga mudah. Anda dapat mengirim dan menerima update apa yang Anda dan teman Anda lakukan pada saat bepergian menggunakan SMS sederhana. Twitter bisa menjadi alat komunikasi yang hebat mobile. Seperti yang kita ketahui dalam bisnis, ini bisa menjadi hal yang cukup kuat.

8. Memahami Alat – Bisnis dapat menggunakan Twitter sebagai alat pemahaman untuk mempelajari apa demografis target yang diinginkan mereka katakan dan mencari. Misalnya, jika Anda adalah merek yang menargetkan target pasar yang lebih muda, hanya dengan mendengarkan percakapan mereka melalui Twitter, Anda dapat mempelajari apa kepentingan mereka terbaru dan apa obyek baru berikutnya mengkilap yang mereka cari untuk mengunci.

9. Mekanisme umpan balik – meluncurkan produk baru? Mungkin Anda meluncurkan sebuah website baru? Bisnis dapat menggunakan Twitter untuk mendapatkan umpan balik instan pada item ini dan sebagai hasilnya melakukan perubahan yang diperlukan sebelum peluncuran resmi. Umpan balik ini bisa sangat berharga dan dengan menggunakan Twitter, adalah gratis!

10. Promosi – tentu saja Anda dapat menggunakan Twitter sebagai alat promosi untuk mengumumkan upaya offline atau peristiwa secara online mendatang (webinar, virtual tradeshows dll). Jika anda adalah situs e-commerce, mungkin Anda memiliki kesepakatan hari di mana Anda dapat mempromosikan kesepakatan tersebut seperti bagaimana Toys.com saat ini memanfaatkan Twitter @ toysdeals. Faktanya adalah Anda tidak ingin terlalu promosi, tapi Twitter tidak hadir kesempatan untuk mempromosikan produk atau layanan dan merek ke teman Anda.

11. Meningkatkan SEO – jika Anda memiliki konten yang besar di website Anda dan Anda ingin mengarahkan lalu lintas tambahan untuk konten ini di situs web Anda, Anda dapat menggunakan Twitter untuk melakukannya. Sebuah menciak cepat dengan URL dapat membantu mengarahkan lalu lintas tambahan ke halaman arahan pilihan di situs Anda untuk membantu membujuk konversi di situs Anda.

12. Ajukan Pertanyaan Menerima Answers – mereka yang tidak meminta tidak akan menerima. Sebagai sebuah bisnis, mungkin Anda mencari jawaban khusus untuk pertanyaan yang Anda miliki. Mungkin Anda sedang mencari beberapa statistik industri. Anda dapat menggunakan Twitter untuk mengajukan pertanyaan dan jika pertanyaannya adalah menarik dan jika teman-teman Anda yang jauh tertarik pada pertanyaan yang sama, Anda harus menerima tanggapan. Twitter adalah sebuah komunitas sosial dan biasanya komunitas-komunitas sosial yang ketat merajut. Seseorang terikat untuk menjawab pertanyaan Anda dan setidaknya mengarahkan Anda ke arah yang benar.

13. Alat Human Resource – sementara ini mungkin bukan cara terbaik untuk pergi tentang praktik mempekerjakan Anda, Anda dapat tweet tentang kebutuhan SDM Anda dan link ke lowongan pekerjaan yang relevan di situs Anda melalui Twitter. Anda mungkin hanya menerima beberapa bunga tambahan bahwa Anda tidak mungkin telah dinyatakan memiliki.

14. Siaran Pers / Berita Manajemen – Memiliki pengumuman besar? Gunakan Twitter untuk mempromosikan siaran pers Anda dan untuk berkomunikasi berita perusahaan. Ingat pembahasan sebelumnya kita pada Kecepatan Internet? Berita perjalanan cepat online, Twitter adalah informasi lain super-jalan raya yang dapat membantu berkomunikasi berita dengan cepat.



15. Alat Komunikasi Internal – Anda dapat menggunakan Twitter sebagai alat komunikasi internal dalam bisnis Anda. Sekali lagi ketepatan waktu informasi memainkan peran kunci dalam menggunakan Twitter sebagai alat komunikasi internal. Sementara kita memiliki instant messaging, menggunakan Twitter untuk berkomunikasi secara internal juga bisa menjadi cara yang efektif untuk berbagi informasi dalam. Tentu saja ada pro dan kontra untuk ini, tetapi menggunakan kebijaksanaan Anda.

Comments