Twitter merupakan suatu media yang banyak di gunakam oleh manusia dan dipercaya mampu menciptakan suatu komunikasi yang handal diantaranya
Twitter adalah sebuah situs web
yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring
sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan
membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga
140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa
dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut (“follower“).
Semua pengguna dapat mengirim dan
menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel
(telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di
negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco,
di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor
di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh
Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat
ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan
sebagai “SMS dari internet”.
Twitter memiliki logo berupa seekor
burung berwarna biru yang bernama “Larry the “Bird”, dinamai setelah nama
seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.
Untuk bisnis, ada sejumlah manfaat
untuk menggunakan Twitter. Banyak yang berhubungan dengan pertemuan real-time
informasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisnis harus memanfaatkan Twitter.
15 Manfaat Twitter bagi Bisnis,
antara lain :
1.Berpartisipasi dalam industri Conversation. target audiens Anda dan / atau calon prospek berada di Twitter di
mana mereka dapat membahas frustrasi mereka atau berkomunikasi pengalaman
positif. Mengapa tidak menjadi bagian dari itu? Berpartisipasi dalam percakapan
bila masuk akal untuk melakukannya. Berpikir Twitter sebagai jenis terbaru dari
mixer sosial untuk terlibat dengan industri Anda.
2. Kesadaran merek – bisnis dapat
menggunakan Twitter untuk menjaga merek mereka atas pikiran. Contohnya:
ToysRUs.com (@ToysRUs) mempromosikan mainan Transformer terbaru atau
TokoHemat.com (@Tokohemat) yang mempromosikan Jasa International online
shopping dari merchant seluruh dunia, Twitter memungkinkan sebuah bisnis untuk
menjaga merek mereka di luar sana.
3. Gunakan Twitter untuk
mendapatkan Intelijen Kompetitif – Siapa Pesaing Anda di Twitter ?. Akibatnya
Anda mungkin ingin mempertimbangkan pemantauan tweets mereka dari waktu ke
waktu untuk melihat apa yang mereka kerjakan. Mungkin mereka sedang
mempersiapkan untuk meluncurkan produk baru atau membuka cabang baru. Heck
mungkin mereka akan melalui PHK besar-besaran dan kesempatan menampilkan
dirinya untuk mengakuisisi mereka atau setidaknya mempekerjakan beberapa
karyawan diberhentikan libur mereka. Twitter bisa menjadi lingkungan yang besar
untuk memantau apa yang dilakukan pesaing. Ini juga dapat menjadi cara yang
bagus hanya untuk melihat bagaimana persaingan Anda menggunakan Twitter
sendiri. Mungkin Anda bisa mengambil tip atau dua.
4. Terlibat dengan audiens target
Anda – Twitter memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan prospek potensial
dan audiens target Anda. Walaupun anda tidak ingin menjadi “di wajah mereka”
sepanjang waktu, Twitter tidak memungkinkan Anda untuk terlibat dengan
orang-orang dengan re-tweeting posting atau menanggapi sesuatu yang mereka
mungkin telah tweeted tentang, yang membawa kita ke …
5. Reputasi Manajemen Online –
Informasi di Twitter istirahat dengan cepat. Kematian dilaporkan Michael
Jackson pada 25 Juni, adalah salah satu contoh dari hal ini. Bisnis dapat
menggunakan Twitter untuk memantau apa yang dikatakan tentang merek mereka
hampir secara real-time. Jika seseorang memiliki pengalaman negatif dengan
merek Anda, kemungkinan mereka mungkin tweet tentang hal itu. Jika demikian,
bekerja untuk mengatasi masalah dan berkomunikasi kenyataan bahwa Anda
melakukannya. Ingat Twitter adalah lingkungan sosial sehingga transparansi dan
kejujuran dapat menjadi hal yang baik.
6. Promosikan Konten Blog Anda –
jika perusahaan Anda memiliki blog perusahaan atau berbagai blog, Anda dapat
menggunakan Twitter untuk mempromosikan konten blog Anda. Heck Anda dapat
mengatur feed untuk secara otomatis posting URL posting blog Anda langsung ke
Twitter.
7. Twitter dan Mobile – karena
Twitter sangat mudah digunakan dan dibatasi hingga 140 karakter, menggunakan
ponsel dengan Twitter juga mudah. Anda dapat mengirim dan menerima update apa
yang Anda dan teman Anda lakukan pada saat bepergian menggunakan SMS sederhana.
Twitter bisa menjadi alat komunikasi yang hebat mobile. Seperti yang kita
ketahui dalam bisnis, ini bisa menjadi hal yang cukup kuat.
8. Memahami Alat – Bisnis dapat
menggunakan Twitter sebagai alat pemahaman untuk mempelajari apa demografis
target yang diinginkan mereka katakan dan mencari. Misalnya, jika Anda adalah
merek yang menargetkan target pasar yang lebih muda, hanya dengan mendengarkan
percakapan mereka melalui Twitter, Anda dapat mempelajari apa kepentingan
mereka terbaru dan apa obyek baru berikutnya mengkilap yang mereka cari untuk
mengunci.
9. Mekanisme umpan balik –
meluncurkan produk baru? Mungkin Anda meluncurkan sebuah website baru? Bisnis
dapat menggunakan Twitter untuk mendapatkan umpan balik instan pada item ini
dan sebagai hasilnya melakukan perubahan yang diperlukan sebelum peluncuran resmi.
Umpan balik ini bisa sangat berharga dan dengan menggunakan Twitter, adalah
gratis!
10. Promosi – tentu saja Anda dapat
menggunakan Twitter sebagai alat promosi untuk mengumumkan upaya offline atau
peristiwa secara online mendatang (webinar, virtual tradeshows dll). Jika anda
adalah situs e-commerce, mungkin Anda memiliki kesepakatan hari di mana Anda
dapat mempromosikan kesepakatan tersebut seperti bagaimana Toys.com saat ini
memanfaatkan Twitter @ toysdeals. Faktanya adalah Anda tidak ingin terlalu
promosi, tapi Twitter tidak hadir kesempatan untuk mempromosikan produk atau
layanan dan merek ke teman Anda.
11. Meningkatkan SEO – jika Anda
memiliki konten yang besar di website Anda dan Anda ingin mengarahkan lalu
lintas tambahan untuk konten ini di situs web Anda, Anda dapat menggunakan
Twitter untuk melakukannya. Sebuah menciak cepat dengan URL dapat membantu
mengarahkan lalu lintas tambahan ke halaman arahan pilihan di situs Anda untuk
membantu membujuk konversi di situs Anda.
12. Ajukan Pertanyaan Menerima
Answers – mereka yang tidak meminta tidak akan menerima. Sebagai sebuah bisnis,
mungkin Anda mencari jawaban khusus untuk pertanyaan yang Anda miliki. Mungkin
Anda sedang mencari beberapa statistik industri. Anda dapat menggunakan Twitter
untuk mengajukan pertanyaan dan jika pertanyaannya adalah menarik dan jika
teman-teman Anda yang jauh tertarik pada pertanyaan yang sama, Anda harus
menerima tanggapan. Twitter adalah sebuah komunitas sosial dan biasanya
komunitas-komunitas sosial yang ketat merajut. Seseorang terikat untuk menjawab
pertanyaan Anda dan setidaknya mengarahkan Anda ke arah yang benar.
13. Alat Human Resource – sementara
ini mungkin bukan cara terbaik untuk pergi tentang praktik mempekerjakan Anda,
Anda dapat tweet tentang kebutuhan SDM Anda dan link ke lowongan pekerjaan yang
relevan di situs Anda melalui Twitter. Anda mungkin hanya menerima beberapa
bunga tambahan bahwa Anda tidak mungkin telah dinyatakan memiliki.
14. Siaran Pers / Berita Manajemen
– Memiliki pengumuman besar? Gunakan Twitter untuk mempromosikan siaran pers
Anda dan untuk berkomunikasi berita perusahaan. Ingat pembahasan sebelumnya
kita pada Kecepatan Internet? Berita perjalanan cepat online, Twitter adalah
informasi lain super-jalan raya yang dapat membantu berkomunikasi berita dengan
cepat.
15. Alat Komunikasi Internal – Anda
dapat menggunakan Twitter sebagai alat komunikasi internal dalam bisnis Anda.
Sekali lagi ketepatan waktu informasi memainkan peran kunci dalam menggunakan
Twitter sebagai alat komunikasi internal. Sementara kita memiliki instant
messaging, menggunakan Twitter untuk berkomunikasi secara internal juga bisa
menjadi cara yang efektif untuk berbagi informasi dalam. Tentu saja ada pro dan
kontra untuk ini, tetapi menggunakan kebijaksanaan Anda.
Comments